Jakarta (ANTARA) - Layanan dompet digital LinkAja (PT Fintek Karya Nusantara) berkolaborasi dengan platform pembuatan toko daring (online) Tokko.

Keduanya memberikan edukasi digitalisasi kepada UMKM di Indonesia lewat pembuatan kanal toko online melalui fitur website gratis yang disediakan Tokko.

Mengutip keterangan pers pada Rabu, kerja sama ini menargetkan lebih dari 65 ribu merchant LinkAja yang akan mendapat pelatihan digital melalui webinar dan juga pendampingan dalam upaya mendigitalisasikan bisnis mereka dengan metode edukasi yang disediakan oleh aplikasi Tokko.

Baca juga: Berbagi rezeki praktis lewat dompet digital

Baca juga: Layanan Syariah LinkAja raih 2,5 juta pengguna dalam setahun


Peresmian kerja sama tersebut ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh kedua perwakilan dari PT. Beegroup Financial Indonesia (Tokko) dan PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja) pada 2 Juli 2021.

Kepala Bagian Pengembangan Ekosistem Mikro dan Pariwisata PT Fintek Karya Nusantara, Anugrah Nanda Wijaya mengatakan kolaborasi ini sejalan dengan semangat LinkAja dalam mewujudkan cashless society di Indonesia sekaligus membantu percepatan terwujudnya kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kolaborasi LinkAja dengan Tokko ini mengupayakan para pelaku UMKM agar dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, yaitu dengan menyediakan platform online agar para pebisnis dapat memperoleh pelanggan baru tambahan untuk toko mereka," kata Anugrah.

Menambahkan, VP of Acquisition and Growth PT Beegroup Financial Indonesia, Arlan Andhika mengatakan kerja sama ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang Tokko untuk mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia lewat teknologi digital.

"Sinergi dengan LinkAja ini bertujuan saling memperkuat kedua pihak dalam mengembangkan kualitas produk dan mengedepankan peningkatan teknologi, khususnya di periode pandemi," kata Arlan.

"Selain itu, keterbukaan akses terhadap keahlian kedua pihak diharapkan mampu menghadirkan solusi yang tepat untuk produk dan ekosistem yang tangguh bagi UMKM Indonesia," imbuhnya.

Dalam tahap awal kerja sama, Tokko dan LinkAja akan menjalankan pilot project berupa pelatihan melalui webinar yang akan diberikan oleh Tokko kepada mitra LinkAja, yang menjual berbagai produk di kategori seperti makanan, minuman, busana, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan rumah tangga.

Kerja sama strategis yang dilakukan oleh Tokko dan LinkAja ini juga bertujuan untuk mendukung mitra UMKM dari Tokko agar mendapatkan visibilitas yang lebih luas sehingga mitra Tokko dapat menjangkau pengguna LinkAja melalui special banner yang akan ditampilkan pada aplikasi LinkAja.

Terlebih, pada periode PPKM, inisiatif ini juga diharapkan dapat membantu merchant LinkAja mentransformasi bisnis mereka dari offline ke online.

Ke depannya, Tokko dan LinkAja akan terus berupaya untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan platform digital serta lebih familiar terhadap mekanisme penjualan online, khususnya di era digital.

Baca juga: Aplikasi, "e-commerce" dan dompet digital penyedia kurban online

Baca juga: LinkAja sediakan fitur kurban dan daftar haji

Baca juga: LinkAja dan SRCIS kolaborasi dukung inklusi keuangan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021