Olimpiade

Sofbol Jepang taklukkan Australia dalam pertandingan perdana Olimpiade

Sofbol Jepang taklukkan Australia dalam pertandingan perdana Olimpiade

Tim sofbol Jepang mengalahkan Australia dengan skor 8-1 pada pertandingan perdana Olimpiade Tokyo 2020, Rabu (21/7/2021) (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Olimpiade Tokyo resmi dimulai setelah penundaan satu tahun karena virus corona dengan lemparan pertama pertandingan sofbol, ketika tuan rumah dan juara bertahan Jepang unggul dalam pertandingan dengan kemenangan 8-1 atas Australia di stadion Fukushima Azuma, utara Tokyo, Kyodo melaporkan, Rabu.

Pada inning pertama, pitcher (pelempar) yang juga pahlawan Jepang pada Olimpiade Beijing 2008, Yukiko Ueno, melakukan kesalahan yang membuat tim Australia mampu mencetak angka. Namun, hal itu tidak berlangsung lama ketika Yu Yamamoto membuahkan angka pertama untuk Jepang.

Minori Naito berhasil mendapatkan dua run yang berarti mencetak skor ketiga untuk Jepang. Keberhasilan itu diikuti oleh Yamato Fujita pada inning berikutnya dengan membuahkan dua run, menjadikan skor 5-1. Yamamoto mengakhiri pertandingan dengan mencetak home run.

Stadion Fukushima Azuma merupakan salah satu di antara venue lain yang dipilih di bagian timur laut Jepang, wilayah yang dilanda gempa bumi, tsunami dan bencana nuklir pada Maret 2011, dan sejalan dengan tujuan penyelenggara yang menggunakan Olimpiade Tokyo sebagai kendaraan untuk memulihkan kawasan tersebut.

Baca juga: Sofbol jadi pertandingan pertama Olimpade Tokyo

Enam belas bulan setelah keputusan penundaan Olimpiade, dan dua hari sebelum upacara pembukaan resmi di Tokyo, pertandingan di Fukushima, seperti kebanyakan event Olimpiade lainnya, diadakan secara tertutup karena lonjakan kasus COVID-19.

Selama 19 hari, hingga 8 Agustus, 11.000 atlet dari 2015 negara dan wilayah akan bertanding di venue di dalam dan di luar ibu kota Jepang, yang saat ini dalam keadaan darurat COVID-19.

Tim sofbol Australia, yang memiliki tiga medali perunggu dan satu perak dalam cabang olahraga tersebut, mengambil tindakan pencegahan ekstra mengingat situasi sulit pandemi, dengan tiba di Jepang pada 1 Juni untuk mempersiapkan pertandingan.

Sofbol, salah satu olahraga yang ditambahkan oleh penyelenggara Tokyo Games 2020, telah kembali ke Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 2008, ketika Jepang memenangkan medali emas dalam olahraga tersebut. Penambahan cabang olahraga termasuk bisbol, yang terakhir dipertandingkan pada 2008, dan empat cabang olahraga baru, yaitu selancar air atau surfing, panjat tebing, skateboard dan karate.

Baca juga: Wartawan asing menggerutu tak boleh liput situs non-Olimpiade
Baca juga: Polisi Jepang temukan atlet Uganda yang hilang dari kamp Olimpiade
Baca juga: Pesenam AS positif COVID-19 di kamp pelatihan Olimpiade

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar