Saham Eropa dibuka naik, terangkat bangkitnya sektor perjalanan

Saham Eropa dibuka naik, terangkat bangkitnya sektor perjalanan

Ilustrasi: Operator pasar saham Euronext bekerja di pusat ruang pengawasan layanan pasar di markas baru Euronext di distrik bisnis dan keuangan La Defense di Courbevoie dekat Paris, Prancis. ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier/am.

Jakarta (ANTARA) - Serangkaian data terbaru yang optimis dari perusahaan-perusahaan unggulan di Eropa mendukung kenaikan indeks acuan di kawasan itu pada awal perdagangan hari Rabu untuk pulih lebih lanjut dari penurunan tajam pada hari Senin, sementara saham perjalanan bangkit kembali setelah berminggu-minggu mengalami penurunan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,7 persen pada pukul 07.18 GMT dan saham perjalanan dan liburan melonjak 3,2 persen setelah baru-baru ini dihantam oleh kekhawatiran tentang kebangkitan kasus virus.

Dalam hal pendapatan perusahaan, produsen peralatan semikonduktor Belanda naik 4 persen setelah menaikkan prospek penjualan 2021 dan mengumumkan rencana baru pembelian kembali saham (buyback).

Baca juga: Saham Eropa berbalik naik setelah aksi jual terburuk tahun 2021

Produsen obat Swiss Novartis bertambah 2,1 persen karena laba bersih inti kuartal kedua melebihi perkiraan pasar, didorong oleh merek obat utamanya.

Peritel fesyen Inggris Next melonjak 8,5 persen ke puncak STOXX 600 setelah menaikkan perkiraan laba setahun penuh.

Di antara yang turun, grup perangkat lunak bisnis Jerman SAP turun 3,9 persen meskipun meningkatkan prospeknya untuk kedua kalinya tahun ini.

Produsen Mercedes-Benz Daimler AG turun 1,1 persen setelah memperingatkan bahwa kekurangan chip semikonduktor global akan mengurangi penjualan mobil pada paruh kedua tahun 2021.

Baca juga: IHSG diprediksi datar hari ini, tertekan perpanjangan PPKM

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar