Los Angeles (ANTARA News) - Jaringan televisi kabel AS, HBO, memperkenalkan para pemeran film tentang krisis keuangan "Too Big to Fail," di mana Paul Giamatti berperan sebagai Gubernur Federal Reserve Chairman Ben Bernanke dan Ed Asner sebagai investor terkemuka Warren Buffett.

Diangkat dari buku berjudul sama karya wartawan New York Times Andrew Ross Sorkin, "Too Big to Fail" menyorot para pria dan wanita di Wall Street dan Washington yang mengelola ekonomi AS sampai keambrukannya pada 2008 akibat digerogoti racun kredit properti.

Film televisi itu akan memusatkan perhatian pada mantan Menteri Keuangan Henry Paulson (dimainkan oleh William Hurt) dan saat-saat menegangkgan di beberapa pekan manakala dia dan stafnya bekerja dengan gugup menghadapi bankir-bankir Wall Street dan para pembuat kebijakan di Washington, guna menghindarkan perekonomian AS terjerembab ke Depresi Besar baru.

Kunci dari kisah dalam film ini adalah karakter-karakter seperti milyuner Warren Buffett, yang dikenal dengan sebutan "the Oracle of Omaha," yang memanfaatkan pengaruhnya yang luar biasa di Wall Street, selain juga memotret Menteri Keuangan sekarang Timothy Geitner yang diperankan oleh Billy Crudup.

Tokoh-tokoh penting lainnya yang digambarkan dalam film ini adalah pialang kekuasaan di Washington Michele Davis (Cynthia Nixon) dan Jim Wilkinson (Topher Grace), mantan CEO Lehman Brothers Dick Fuld (James Woods) dan Anggota DPR AS terkemuka Barney Frank (Dan Hedaya).

Skenario film ini ditulis oleh Peter Gould dan disutradari oleh Curtis Hanson, yang pernah dinominasikan mendapat Oscar untuk filmnya "L.A. Confidential", dan memenangkan Academy Award untuk skenario adaptasi untuk film yang sama.

Tokoh kunci dan aktor ternama lainnya adalah:
Ayad Akhtar sebagai Neel Kashkari
Kathy Baker sebagai Wendy Paulson
Michael O'Keefe sebagai Chris Flowers
Tony Shalhoub sebagai John Mack
Joey Slotnick sebagai Dan Jester.

HBO milik Time Warner Inc adalah jaringan tv kabel premium AS sekaligus jaringan televisi yang mendapat nominasi Emmy setiap tahun sejak 2001. (*)

Reuters/Yudha/Jafar

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010