Jakarta (ANTARA) -- Mengatur keuangan perusahaan secara umum terlihat mudah, namun sesungguhnya hal ini juga merupakan hal yang sedikit sulit. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak perusahaan berpikir untuk menggunakan program aplikasi akuntansi yang dapat membantu memberikan banyak manfaat. Dengan aplikasi tersebut, tentunya ada banyak hal terkait keuangan yang dapat berjalan lebih efektif dan optimal.
Beberapa pebisnis pemula tentu saja ingin mencoba melakukan hal ini. Namun sering kali masih merasa ragu apakah menggunakan aplikasi akuntansi adalah hal yang tepat dilakukan. Untuk menghilangkan keraguan, berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat aplikasi akuntansi yang dijelaskan oleh Jurnal.id di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/.

Menghindari Kesalahan Dalam Mencatat Keuangan

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan yaitu menghindari adanya kesalahan. Melakukan pencatatan secara manual dapat meningkatkan resiko kesalahan tersebut. Sering kali entah karena merasa lelah atau kurang teliti, maka hasil pencatatan tidak sesuai dengan sesungguhnya.

Disinilah penggunaan aplikasi akuntansi dapat memberikan manfaat yang menguntungkan, karena aplikasi tersebut membantu menghindari kesalahan pencatatan keuangan. Dengan menggunakan program yang telah disusun secara otomatis, tentu resiko human error tersebut dapat dihindari. Sehingga potensi adanya kesalahan dalam pencatatan keuangan secara tidak langsung juga lebih minim.

Dapat dibayangkan jika dalam pencatatan keuangan terdapat banyak kesalahan akibat kurang teliti atau faktor lainnya. Bisa jadi laporan terkait keuangan perusahaan menjadi tidak akurat. Bahkan dapat salah mengartikan kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Pendapatan laba bisa jadi tercatat merugi, sebaliknya kondisi yang merugi bisa jadi tercatat mendapat keuntungan. Oleh sebab itu penggunaan aplikasi akuntansi ini sangat diperlukan untuk memastikan kesalahan yang lebih minim.

Membantu Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Menggunakan aplikasi akuntansi pada pencatatan keuangan perusahaan juga dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis yang lebih optimal. Hal ini karena aplikasi yang telah tersusun rapi secara otomatis membantu memberikan sistem kerja kepada para staff keuangan yang jauh lebih cepat dan lebih mudah. Otomatis tidak banyak waktu dan tenaga yang terbuang dalam melakukan pencatatan keuangan secara rapi sesuai kebutuhan.

Hal inilah yang menarik dan patut dipertimbangkan dari sebuah aplikasi yang memberikan layanan pencatatan akuntansi. Berkat adanya aplikasi yang lebih sistematis dan terpadu, maka otomatis kemudahan dalam mengelola data keuangan juga jauh lebih mudah. Dengan demikian tentu produktivitas staff keuangan juga lebih optimal, menghindari kerja tambahan, serta mengefisienkan waktu yang diperlukan dalam menghasilkan laporan keuangan bulanan.

Menekan Biaya Operasional

Berkat kemudahan yang diberikan oleh aplikasi dalam sistem akuntansi, tentunya hal ini juga membuat perusahaan dapat jauh lebih berhemat. Terutama dalam hal melakukan efisiensi dan penghematan pada biaya operasional. Yang apabila melakukan pencatatan manual tentu lebih banyak waktu dan tenaga yang diperlukan, otomatis lebih banyak pekerja yang dituntut untuk melakukan hal tersebut.

Lain halnya saat memutuskan untuk menggunakan aplikasi. Berkat semua teknologi dan fitur pendukung yang mempermudah perusahaan dalam pencatatan keuangan, otomatis semua dapat dilakukan lebih efisien dengan kebutuhan dana dan biaya yang jauh lebih minim. Disini perusahaan akhirnya dapat meningkatkan efisiensi pada salah satu sisi di perusahaan, yaitu biaya dalam mempekerjakan staff keuangan maupun biaya operasionalnya.

Di sisi lain mengembangkan aplikasi atau software terkait hal ini secara internal juga membutuhkan banyak biaya serta waktu dan tenaga juga. Berbeda saat menggunakan software maupun aplikasi yang sudah siap pakai. Otomatis hal tersebut memberikan biaya yang jauh lebih dapat ditekan, sementara dari sisi hasil juga dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

Membuat Laporan Keuangan Yang Lebih Cepat

Tentu saja pencatatan keuangan pada dasarnya bertujuan untuk membantu menghasilkan laporan kondisi keuangan perusahaan yang tepat dan akurat. Jika melakukan hal ini secara manual seperti di masa lampau, tentunya dapat memakan banyak tenaga dan menghabiskan waktu yang tidak terkira. Melalukan pencatatan satu demi satu umumnya akan memakan waktu yang panjang.

Akan tetapi tentunya berkat penggunaan aplikasi yang telah dirancang dengan sistem yang memadai, maka menghasilkan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sewaktu-waktu dibutuhkan, maka cukup menggunakan aplikasi untuk membuat laporan terkini dan dalam waktu beberapa detik laporan akan tersaji dengan segera di depan mata. Praktis dan juga sangat cepat serta efisien.

Menyajikan Laporan Yang Akurat Dan Terpercaya

Penggunaan aplikasi memungkinkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan yang lebih akurat. Hal ini karena aplikasi dirancang dengan teknologi untuk mendukung ketelitian yang tinggi dalam mencatatkan seluruh aktivitas keuangan perusahaan. Sehingga resiko mengalami kesalahan jauh lebih minim.

Menggunakan aplikasi akuntansi juga didukung oleh perumusan yang telah dilakukan melalui berbagai macam riset dan informasi yang sesuai. Sumber yang digunakan dalam menyusun aplikasi tersebut untuk digunakan pada bidang akuntansi sudah teruji. Sehingga sudah tentu tidak akan menimbulkan kesalahan baik dari sisi perumusan hingga struktur pencatatan yang digunakan.

Oleh karena itu dengan memilih mencatatkan akuntansi keuangan perusahaan melalui aplikasi tentunya akan membawa hasil yang jauh lebih akurat daripada melakukan pencatatan secara manual. Dengan demikian juga dapat memberikan hasil pencatatan yang terpercaya dengan potensi kesalahan atau error yang lebih minim. Hal ini juga tentu membantu langkah kerja para akuntan perusahaan yang lebih mudah pada akhirnya.

Mengetahui Kondisi Keuangan Secara Real Time

Melalui aplikasi maka perusahaan dapat selalu melakukan monitoring atau pengawasan terhadap posisi dan kondisi keuangan perusahan secara real time. Kebanyakan aplikasi dapat diakses melalui berbagai macam media atau gadget. Sehingga perusahaan lebih mudah untuk melihat setiap saat, kapan saja dan dimana saja.

Pencatatan keuangan dapat dilakukan pada saat itu juga dan kemudian pelacakan atau pengawasan juga dapat dilakukan pada saat yang bersamaan. Maka dari itu perusahaan tidak perlu merasa khawatir atau takut karena sistem pencatatan yang tidak segera terupdate setiap saat. Berkat adanya aplikasi justru lebih mudah melihat arus keluar masuk keuangan secara tepat sesuai dengan keadaan arus kas yang sesungguhnya.
Inilah salah satu manfaat penting menggunakan aplikasi, berbeda halnya dengan pencatatan manual yang tidak dapat diawasi atau dilihat sewaktu-waktu. Di sisi lain hal ini juga memberikan manfaat bebas dari resiko kecurangan terhadap pencatatan keuangan perusahaan. Sehingga secara tidak langsung memberikan manfaat lebih yang menguntungkan perusahaan.

Mengotomatisasi Catatan Keuangan

Mencatat keuangan perusahaan lewat penggunaan aplikasi akuntansi juga merupakan salah satu langkah mudah untuk membantu otomatisasi catatan keuangan. Seluruh pencatatan kas masuk dan kas keluar, baik penerimaan uang maupun pembayaran dapat dilakukan lebih mudah lewat fitur otomatisasi pada aplikasi akuntansi. Hal inilah yang membuat pekerjaan akuntansi terasa lebih mudah apabila mempercayakan proses pencatatan pada program dan aplikasi yang telah tersedia.

Melalui aplikasi tentunya segala hal terkait keuangan perusahaan dapat tercatat sempurna dan seluruh laporan pendukung akan dihasilkan dalam waktu cepat secara otomatis juga. Baik itu laporan laba rugi, neraca, laporan kas, hingga transaksi serta pembayaran dan invoice akan diberikan secara otomatis tanpa harus mengerjakan semuanya secara manual.

Tentunya langkah ini memberikan efektifitas waktu dan tenaga yang juga jauh lebih baik bagi para staf keuangan perusahaan. Sehingga tidak perlu repot menyediakan laporan setiap bulan, melalui fitur otomatisasi maka kapanpun laporan dibutuhkan maka hal tersebut dapat tersedia dengan cepat.

Mempermudah Pembuatan Faktur Dan Invoicing

Salah satu manfaat lain yang bisa diperoleh saat menggunakan aplikasi yaitu kemudahan untuk membuat faktur maupun invoicing. Sudah tentu dalam setiap perusahaan dibutuhkan sistem penagihan serta pembayaran yang terpadu dan tercatat dengan baik. Hal inilah yang dapat diberikan oleh kebanyakan aplikasi akuntansi.

Melalui penggunaan aplikasi akuntansi, maka perusahaan dapat dengan mudah membuat faktur dan invoice secara otomatis. Bahkan perusahaan dapat merencanakan bentuk faktur maupun invoice sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Baik dari sisi format, penempatan logo perusahaan, dan lain sebagainya. Sehingga perusahaan tidak perlu berpikir untuk membuat hal ini secara manual yang sering kali memakan banyak tenaga maupun waktu.

Bukan hanya itu saja, tetapi aplikasi juga membantu memberikan catatan pembuatan hingga pengiriman serta penagihan invoice pada konsumen. Sehingga perusahaan dapat mengetahui kapan pembayaran harus dilakukan. Bahkan sebagian aplikasi saat ini menyediakan kemudahan sistem pembayaran yang terkoneksi untuk memberikan laporan secara real time. Baik itu pembayaran melalui sistem debit, transfer, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021