Jakarta (ANTARA) - Saat sedang haid, beberapa wanita akan merasa kram, kelelahan, nyeri payudara dan masih banyak lagi. Salah satu cara meredakannya adalah dengan menggunakan bantalan pemanas atau melakukan yoga. Namun faktanya, makanan yang dikonsumsi juga dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid.

Menurut Tracy Lockwood Beckerman, MS, RD, CDN, penulis The Better Period Food Solution, tubuh sebenarnya membutuhkan nutrisi yang berbeda pada titik siklus menstruasi. Beckerman menyebutkan bahwa beberapa makanan dapat membantu untuk meringankan rasa tidak nyaman saat haid.

"Misalnya, selama fase menstruasi, konsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan dan ikan untuk melawan kelelahan dan mengisi kembali kehilangan darah saat menstruasi," kata Beckerman yang dilansir dari Popsugar, Kamis.

Dia melanjutkan, selama fase luteal atau pramenstruasi, wanita biasanya memiliki energi yang rendah dan mungkin merasa murung, jadi dia menyarankan perbanyaklah makanan alami. permen seperti cokelat hitam atau buah kering untuk meningkatkan hormon perasaan baik seperti dopamin dan serotonin.

Selain makanan-makanan tersebut, beberapa makanan lain juga dapat membantu untuk meredakan nyeri saat haid. Berikut 5 makanan yang baik Anda konsumsi saat fase menstruasi.

1. Telur rebus
Beckerman menjelaskan, sebelum menstruasi tiba, wajar jika seseorang merasa rewel karena perubahan hormon, seperti estrogen dan progesterone yang mulai menurun. Hormon-hormon ini secara tidak sengaja juga dapat menurunkan kadar vitamin D di dalam tubuh, yang selanjutnya dapat memperburuk suasana hati.

Oleh sebab itu, makanan pertama yang baik Anda konsumsi saat haid adalah telur rebus. Telur rebus adalah sumber vitamin D yang baik dan berperan penting dalam kesehatan reproduksi. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan suasana hati dan membantu keseimbangan hormon.

2. Yogurt
Jika Anda mengalami perubahan suasana hati atau kembung saat haid, Anda bisa mengonsumsi yogurt. Beckerman menjelaskan, bakteri usus sering dapat terganggu oleh kadar hormon yang berubah dengan cepat selama haid. Dengan mengonsumsi yogurt, probiotik yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengisi dan memulihkan flora usus.

3. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang dapat mengurangi nyeri payudara saat fase menstruasi. Camilan renyah ini juga dapat membantu meredakan nyeri punggung bawah karena kandungan asam linoleatnya. Sehingga, biji bunga matahari baik untuk Anda konsumsi saat haid. Anda bisa menambahkan biji bunga matahari sebagai topping untuk salad, yogurt, atau oatmeal.

4. Kecambah Brussel
Menurut Beckerman, kecambah brussels mengandung senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme dan pemecahan estrogen yaitu hormon yang dapat menyebabkan gejala PMS yang diperkuat. Untuk membuat sayuran sebagai camilan, Beckerman merekomendasikan untuk membuat keripik kecambah brussel di oven atau penggorengan udara.

5. Bit
Menstruasi adalah proses peradangan alami saat Anda melepaskan lapisan rahim. Sedangkan bit kaya akan ariginin, asam amino esensial yang mampu melawan peradangan.

Bit juga kaya akan oksida nitrat yang memperluas pembuluh darah yang menyempit dan membantu membawa darah yang kaya nutrisi ke ovarium dan rahim. Dengan mengonsumsi bit saat haid, makanan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan kelelahan.

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021