Shanghai (ANTARA) - Saham China ditutup naik pada hari Kamis karena keuntungan di perusahaan keuangan dan material melebihi kerugian di saham perawatan kesehatan, dan karena investor asing memperpanjang pembelian bersih saham-A melalui skema Stock Connect untuk hari keempat berturut-turut.

Pada penutupan Indeks Komposit Shanghai  naik 0,34 persen pada 3.574,73.

Indeks saham unggulan CSI300 naik 0,15 persen, dengan sub-indeks sektor keuangan lebih tinggi 1,12 persen, indeks CSI untuk semua saham material naik 2,35 persen dan indeks real estat naik 1,38 persen.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi, lanjutkan kenaikan sesi sebelumnya

Sub-indeks perawatan kesehatan merosot 3,64 persen setelah tiga hari mengalami kenaikan yang kuat.

Sentimen di sektor properti meningkat setelah pengembang China Evergrande Group mengatakan telah menyelesaikan sengketa hukum dengan China Guangfa Bank dan bahwa kedua belah pihak akan memperdalam kerja sama bisnis, meredakan kekhawatiran investor yang memicu aksi jual saham perusahaan itu selama tiga hari.

Data Refinitiv menunjukkan investor asing adalah pembeli bersih saham-A melalui program Stock Connect, yang merupakan pembelian bersih hari keempat berturut-turut.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir naik 0,45 persen dan indeks papan pengembangan Indeks Komposit ChiNext melemah 0,438 persen.

Baca juga: IHSG Kamis pagi dibuka naik 27,57 poin

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang menguat sebesar 1,21 persen, sedangkan Indeks Nikkei Jepang berakhir naik 0,58 persen.

Pada pukul 07:22 waktu setempat, yuan dikutip pada 6,4652 per dolar AS, 0,05 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya di 6,4685.

Sepanjang tahun ini indeks saham Shanghai naik 2,9 persen dan CSI300 turun 1,1 persen, sedangkan indeks saham-H China yang terdaftar di Hong Kong turun 7 persen. Saham Shanghai telah turun 0,46 persen bulan ini.

Baca juga: IHSG menguat, investor nantikan pengumuman hasil RDG Bank Indonesia

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021