Jakarta (ANTARA) - Indonesia hanya akan menurunkan 10 orang dalam defile upacara pembukaan Olimpiade 2020 Tokyo di Stadion Nasional Jepang esok Jumat.

Chef de Mission Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani mengatakan jumlah tersebut merupakan jumlah maksimum yang ditetapkan panitia penyelenggara (TOCOG). Sementara pemilihan atlet yang diikutkan dalam defile disesuaikan dengan jadwal pertandingan.

“Kami dari Indonesia akan melakukan parade defile maksimum 10 orang dan kami pun juga memastikan yang ikut adalah mereka yang tidak ada jadwal pertandingan keesokan harinya,” kata Rosan dalam jumpa pers virtual diikuti di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 10 orang tersebut antara lain CdM Rosan Roeslani, perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani, lifter Nurul Akmal, peselencar Rio Waida, dan pelatih angkat besi Dirdja Wihardja.
Lifter Nurul Akmal dan peselancar Rio Waida juga didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam pembukaan Olimpiade yang akan dibuka oleh Kaisar Jepang itu pukul 20.00 waktu setempat atau 18.00 WIB.

Berdasarkan jadwal pertandingan Olimpiade Tokyo, atlet Indonesia sudah mulai bertanding Jumat dan Sabtu lusa.

Baca juga: 950 orang hadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo

Pemanah Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa akan membuka perjuangan Indonesia dalam babak 64 besar nomor recurve perseorangan.

Sementara atlet Indonesia yang akan tampil Sabtu adalah cabang menembak, bulu tangkis, rowing dan angkat besi.

Vidya Rafika akan tampil pada babak kualifikasi nomor 10 meter air rifle putri pukul 06.30 WIB. Demikian pula dengan cabang dayung yang akan bertanding pada waktu bersamaan. Lalu, atlet bulu tangkis Indonesia bakal memulai babak penyisihan grup mulai pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya, lifter Windy Cantika Aisah yang turun pada kelas 49kg putri dijadwalkan bertanding pukul 11.50 WIB.

Pembukaan Olimpiade Tokyo dipastikan tidak akan dihadiri penonton menyusul kebijakan pemerintah Jepang dan TOCOG yang memutuskan menggelar seluruh pertandingan secara tertutup.

Baca juga: Simone Biles diberi emoji GOAT oleh Twitter

Berikut daftar defile Indonesia pada pembukaan Olimpiade Tokyo:

1. Chef de Mission: Rosan P Roeslani

2. Atlet renang: Aflah Fadlan Prawira

3. Atlet renang: Azzahra Permatahani

4. Atlet angkat besi: Nurul Akmal

5. Atlet surfing: Rio Waida

6. Pelatih surfing: Tipi Jabrik

7. Pelatih angkat besi: Dirdja Wihardja

8. Manajer renang: Harlin Rahardjo

9. Pelatih renang: Donny B Utomo

10. Pelatih bulu tangkis: Rionny Mainaky

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021