Bacakan buku bisa ciptakan rasa tenang bagi anak

Bacakan buku bisa ciptakan rasa tenang bagi anak

Tangkapan layar webinar “Lewat Membaca Tenangkan Ibu dan Anak Saat Pandemi” oleh Mama’s Choice di Jakarta, Kamis (22/7/2021). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Aku ingin menjadikan membaca buku sebagai rutinitas menjelang tidur
Jakarta (ANTARA) - Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika dilakukan sejak dini, bahkan saat anak masih bayi sekalipun.

“Membacakan buku cerita juga merupakan aktivitas yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak,” kata Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo dalam webinar “Lewat Membaca Tenangkan Ibu dan Anak Saat Pandemi” di Jakarta, Kamis.

Senada dengan Vera, Chief Mama Officer (CMO) Mama’s Choice Irish Bella mengungkapkan kegiatan membacakan buku cerita bersama anak juga bisa menciptakan sebuah ketenangan, terutama saat melalui masa sulit di tengah pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Layanan sosial "Yuk Cerita" maksimalkan potensi anak

Menurut Psikolog Vera, setidaknya ada dua hal yang harus diciptakan saat membangun kedekatan bersama anak. Pertama, ada aktivitas menyenangkan yang dilakukan rutin dan konsisten bersama anak. Kedua, ada sentuhan dan kedekatan fisik dengan anak.

Dua kunci tersebut bisa didapatkan melalui aktivitas membaca buku bersama anak. Vera mengatakan saat membacakan cerita, ibu dan anak berdekatan secara fisik serta ada sentuhan fisik yang dapat memunculkan hormon oxytocin sehingga anak akan merasa lebih tenang.

Di sisi lain, Irish juga bercerita bahwa dirinya sering membacakan buku kepada anak. “Aku ingin menjadikan membaca buku sebagai rutinitas menjelang tidur,” katanya.

Ia menambahkan, selain bisa bonding time, para Mama juga bisa mengajarkan anak kita keterampilan berbahasa lewat aktivitas membaca. “Anak bisa belajar dari cara kita membacakan dengan intonasi dan emosi,” tuturnya.

Baca juga: Menteri PPPA: "Kamu Pahlawanku" beri pemahaman COVID-19 pada anak

Melalui kampanye Tenang Ada Mama, Mama’s Choice berharap para Mama bisa menyadari pentingnya menciptakan rasa tenang bagi ibu dan anak lewat membaca demi tumbuh kembang si kecil.

Berkolaborasi dengan CMO Mama’s Choice Irish Bella dan penulis buku anak​​​​​​​ Watiek Ideo, Mama’s Choice meluncurkan seri buku cerita anak “Dunia Bunbun”.

Irish berpendapat buku cerita “Dunia Bunbun” dikemas sangat menarik sehingga membuat anak mudah belajar dari buku ini.

“Aku sangat menyarankan para Mama memiliki buku “Dunia Bunbun” karena sangat cocok untuk anak dari usia 0-6 tahun,” tutur Irish.

Head of Branding Mama’s Choice Rahne Putri mengatakan buku tersebut menceritakan pentingnya sikap kejujuran, saling menghargai, kebersamaan, melindungi orang lain, dan menjaga diri sendiri sesuai dengan visi dan misi Mama’s Choice.

Dalam kesempatan yang sama, selain meluncurkan seri buku cerita anak, Mama’s Choice juga mengeluarkan bundling produk perawatan anak yang aman, halal, dan natural sebagai alat bagi ibu dan anak untuk melakukan bonding time.

Baca juga: Penulis: Buku cerita yang baik mampu buka pikiran anak

Baca juga: Anak Indonesia ceritakan kegiatan positif selama pandemi

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Petualangan Owa Kalimantan hadir di buku cerita digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar