counter

Penyelamatan Penambang Chile Selesai Lebih Awal

Copiapo, Chile (ANTARA News) - Penyelamatan dramatis 33 penambang yang terjebak di bawah tanah Chile akan diselesaikan lebih awal dari yang dijadwalkan, yaitu Kamis pagi, ujar pejabat yang berwenang.

"Berdasarkan langkah-langkah yang kami jalani, yang lebih dari memuaskan, operasi penyelamatan harus berlangsung hingga pukul 02.00 sampai 04.00 Kamis waktu setempat," ujar Menteri Kesehatan Chile, Jaime Manalich.

Manalich berpidato di Copiapo, kota terdekat dimana para penambang sedang dirawat, setelah 25 penambang ditarik dari bawah tanah sebagai bagian upaya penyelamatan secara hebat yang disaksikan secara langsung oleh para pemirsa di seluruh dunia.

Menteri Pertambangan Chile, Laurence Golborne, mengatakan bahwa operasi tersebut dapat saja selesai "pada petang hari."

"Kami memindahkan dengan sangat cepat, lebih cepat dari yang direncanakan," ujar Golborne, setelah pihak yang berwenang pada awalnya memperkirakan operasi ini akan memakan waktu selama dua hari bagi pengangkatan para penambang itu.

Menurut informasi terbaru yang diperoleh AFP, sebanyak 25 orang dari 33 penambang telah terangkat bebas melalui kapsul berbentuk roket yang ditarik melalui lubang keluar sedalam 622 meter.
(BPY/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar