Kapolri salurkan bansos ke wilayah pinggiran Jakarta

Kapolri salurkan bansos ke wilayah pinggiran Jakarta

Kapolri Jenderal Pol LIstyo Sigit Prabowo membagikan paket bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (22/7/2021) (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 yang tinggal di daerah pinggiran Provinsi DKI Jakarta, Kamis.

Bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sigit meninjau vaksinasi dan menyalurkan bansos di tiga lokasi di Jakarta Pusat, yakni Kelurahan Sawah Besar, Duri Pulau dan Rusun Petamburan.

"Semoga bantuan ini membantu untuk kebutuhan sehari-sehari," kata Sigit kepada warga penerima bantuan.

Kepada warga, Sigit menjelaskan bantuan sosial tersebut berasal dari Pemerintah Indonesia yang disalurkan melalui TNI-Polri. Hal ini merupakan wujud kehadiran negara di tengah masyarakat. Sekaligus, bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Penyaluran bantuan sosial ini merupakan komitmen pemerintah terhadap kebijakan yang diambil sekaligus sebagai wujud kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat," ujar Sigit.

Baca juga: Kapolri instruksikan penyaluran bansos PPKM Level 4 dipercepat

Selain menyalurkan bansos, Sigit terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera divaksinasi COVID-19 agar terwujud kekebalan komunal atau herd immunty' sebagai salah satu upaya mengendalikan pandemi.

Mantan Kapolda Banten ini juga terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus SARS-CoV-2.

"Kalau sudah divaksin tetap pakai masker. Kalau ada saudaranya yang butuh masker, kasihkan," kata Sigit.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang ikut dalam penyaluran bansos, juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehari-hari, meskipun sudah dilakukan vaksin.

"Tetap pakai masker ya, ini ada sembako, jaga kesehatan ya," kata Panglima.

Baca juga: Kapolri pastikan penyaluran bansos PPKM darurat berjalan seluruh polda

Hadi juga mengatakan daerah-daerah di pinggiran Provinsi DKI Jakarta akan menjadi fokus kegiatan vaksinasi COVID-19 TNI dan Polri.

Menurut dia, TNI dan Polri sepakat menerapkan strategi "jemput bola" atau menggelar vaksinasi langsung di daerah pemukiman warga di pinggiran Jakarta, karena di sana persentase orang yang sudah divaksin COVID-19 masih cukup rendah.

Saiful Anwar (44), salah satu warga penerima bansos, berterimakasih atas bantuan pemerintah yang disalurkan oleh TNI-Polri. Pria itu menceritakan bahwa dirinya dirumahkan dari pekerjaannya sebagai agen travel sejak pandemi COVID-19.

"Terima kasih banyak ya pak, sangat membantu," ujar Saiful.

Usai menyalurkan bansos di Sawah Besar, Kapolri dan Panglima mendatangi SDN Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, melihat secara langsung vaksinasi keliling TNI-Polri. dan selanjutnya ke Rusun Petamburan.

Baca juga: Kapolri blusukan malam-malam bagikan sembako untuk warga di Solo

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar