Mari langitkan doa agar pandemi segera berakhir dan doakan para syuhada yang telah mendahului kita
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat beragama untuk menggalang kekuatan, baik lahiriah maupun batiniah, dalam upaya melawan pandemi COVID-19 agar segera berakhir.

"Dalam situasi pandemi yang menjadi cobaan besar bagi seluruh umat manusia. Mari kita memperkuat solidaritas, kegotongroyongan, dan optimisme supaya cobaan tetap berlalu. Maki kita galang kekuatan lahiriah dan batiniah," ujar dia saat menyampaikan pesan dalam acara Tahlil Nasional yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Dalam kegiatan ini sejumlah tokoh, baik di kementerian/lembaga, ulama, pengasuh pondok pesantren, hingga masyarakat umum ikut ambil bagian mendoakan mereka yang meninggal akibat COVID-19.

Yaqut mengatakan secara lahiriah semua umat diajak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, mengikuti program vaksinasi, serta saling bekerja sama dalam membantu mereka yang dilanda kesusahan.

Baca juga: Kemenag gelar Tahlil Nasional doakan mereka yang gugur akibat COVID-19

Upaya lahiriah itu harus disempurnakan dengan upaya batiniah yakni memanjatkan doa kepada Sang Pencipta, meminta pertolongan-Nya agar segera mengakhiri pandemi COVID-19.

"Tahlil Nasional menjadi kelanjutan dari ikhtiar batin kita, melangitkan doa dan harapan agar pandemi COVID-19 segera berakhir," kata dia.

Di sisi lain, ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar mendukung kebijakan PPKM Level 3 dan 4 seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dukungan dari para tokoh agama dan ormas agama akan berarti dalam menjaga ketenangan umat.

"Saya kira pemerintah juga tak henti-hentinya untuk terus berikhtiar secara lahiriah, pagi tadi saya menerima delapan juta dosis (bahan baku, red.) vaksin Sinovac dan akan segera didistribusikan kepada seluruh warga bangsa ini," kata dia.

Ia juga meminta masyarakat agar mendoakan mereka yang telah gugur akibat pandemi COVID-19.

"Mari langitkan doa agar pandemi segera berakhir dan doakan para syuhada yang telah mendahului kita," kata dia.

Baca juga: Indonesia terima delapan juta dosis bahan baku vaksin Sinovac
Baca juga: Menag ajak masyarakat berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir
Baca juga: Menag ajak masyarakat hening cipta untuk nakes gugur akibat COVID-19

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021