Sydney (ANTARA) - Regulator obat Australia telah menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun, ujar Menteri Kesehatan Federal Greg Hunt.

Saat ini, Australia memerangi wabah varian Delta di tiga negara bagian.

Administrasi Barang Terapi telah menilai secara menyeluruh bukti domestik dan internasional sebelum memperpanjang persetujuannya untuk vaksin Pfizer yang akan diberikan kepada kelompok usia ini, kata Hunt dalam pernyataan.

Izin serupa untuk penggunaan vaksin Pfizer pada anak-anak telah disetujui beberapa minggu lalu oleh regulator di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris.

Sampai saat ini, vaksin Pfizer hanya disetujui untuk digunakan di Australia untuk orang berusia 16 tahun ke atas.

Panel vaksinasi Australia akan menyarankan kelompok anak mana yang harus diprioritaskan untuk peluncuran vaksin dan kapan harus diberikan, kata Hunt.

Dengan lebih dari 32.400 kasus COVID-19 dan 915 kematian, Australia telah menangani pandemi jauh lebih baik daripada banyak negara maju lainnya, tetapi penguncian "stop-and-start" dan peluncuran vaksin yang lamban telah menyebabkan kekecewaan.

Perdana Menteri Scott Morrison pada Kamis (22/7) meminta maaf atas program vaksinasi yang lambat saat pemerintahnya berupaya mempercepat inokulasi dan memenuhi target untuk memvaksinasi populasi orang dewasa pada akhir 2021.

Sejauh ini, hanya di bawah 15 persen dari populasi orang dewasa telah divaksinasi lengkap.

Sumber : Reuters

Baca juga: Australia: Pfizer akan perluas pasokan vaksin di tengah pandemi COVID

Baca juga: Australia bujuk Moderna untuk bangun manufaktur vaksin di dalam negeri


 

Presiden saksikan vaksinasi COVID-19 serentak untuk pelajar SMP dan SMA

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021