Hari Anak Nasional, KKP bagikan 1,2 ton ikan ke sejumlah kota

Hari Anak Nasional, KKP bagikan 1,2 ton ikan ke sejumlah kota

Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan penyerahan bantuan secara simbolis di Jakarta, Kamis, (23/07/2021). ANTARA/HO-KKP.

Konsumsi ikan sangat penting bagi tumbuh kembang anak.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan 1,2 ton ikan kembung untuk dibagikan ke sejumlah kota dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus menjadi ajang edukasi kepada anak-anak.

"Kami dari KKP akan terus mendukung Bu Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak) dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan nasional," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, seperti yang tertera dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Pembagian ini diberikan KKP ke beberapa titik di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Menteri Trenggono menilai anak-anak selaku generasi penerus bangsa memerlukan asupan yang bergizi. Bagi dia, ikan yang mengandung banyak Omega-3 dapat menjadi konsumsi yang tepat untuk anak-anak.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina menyebutkan bahwa kegiatan ini menjadi bentuk dukungan KKP pada peringatan HAN yang jatuh pada 23 Juli 2021.
Baca juga: 1.020 anak terima remisi pada peringatan Hari Anak Nasional

Berkolaborasi dengan Kementrian PPPA, ikan-ikan didistribusikan ke berbagai tempat. Mulai dari Yayasan Sanggar Kartini Ancol Jakarta Utara sebanyak 200 kg, perkampungan pemulung Limo Cinere Depok sebanyak 100 kg, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang dengan 200 kg, dan Yayasan Dinamika Bantar Gebang Bekasi sebesar 700 kg.

Menurut Rina, konsumsi ikan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, ikan juga mengandung nutrisi penting guna meningkatkan imun di masa pandemi yang sejalan dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini, yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengapresiasi kerja sama dengan KKP, khususnya BKIPM. Dia berharap, sinergi seperti ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan di masa mendatang.

"Saya berharap bantuan-bantuan yang diserahkan benar-benar sampai kepada anak-anak yang kita cintai ini," ucapnya.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Sri Mulyani: APBN dukung anak-anak raih cita-cita
Baca juga: Hari Anak Nasional, momen orang tua bersahabat dengan si kecil


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas/M Razi Rahman
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mengembangkan potensi belajar anak dimasa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar