Gresik (ANTARA News) - Iwan Fals sukses hipnotis ribuan penggemarnya saat Konser Perjalanan Religi bersama Ki Ganjur di Alun-alun Sidayu, Kabupaten Gresik, Jatim, Rabu malam.

Konser tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf dan mantan Bupati Gresik Robbach Ma'sum dan dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim.

Sebelum Iwan Fals tampil, Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf mengajak mantan Bupati Robbach Ma'sum dan Wakil Bupati M Qosim mengaji sholawatan bersama. Di sela-sela itu, Gus Ipul menegaskan, bila cukup respon dengan upaya Iwan Fals kembali mengembangkan seni melalui pesantren.

"Selain tampil malam ini (kemarin), Iwan juga menyempatkan menanam pohon di Wonokerto Kecamatan Dukun, tepatnya di Pesantren Bumi Aswaja," katanya.

Tampaknya penonton sudah tak sabar berjingkrak mengikuti alunan suara emas Iwan. Buktinya, saat Ki Ganjur menyebut Iwan Fals tampil dengan lagunya Suara Tugu Pancoran, ribuan penonton langsung bersorak. Bahkan, penonton pun mengikuti alunan bait perbait lagu yang dinyanyikan Iwan Fals.

"Selamat malam Gresik. Jumpa lagi dengan kami," sapanya kepada penonton.

Iwan langsung melantunkan tembang berjudul "Kota". Penonton semakin larut tatkala Iwan menyanyikan lagu "Nyanyian Jiwa" yang diikuti oleh ribuan penonton dengan tangan diangkat ke atas, sembari bersama-sama mengikuti alunan lagu Iwan.

Sayangnya saat ribuan penonton asyik menikmati lagu penyanyi legendaris dari atas panggung, konser religi itu dikotori keributan belasan penonton.

Namun Ki Ganjur mampu meredam dengan mengajak Iwan menyanyikan lagu sholawatan. Iwan pun melanjutkan melantunkan lagu Tanam Pohon Tanam, Dendam dan Engkau Tetap Sahabatku sebagai lagu penutup.

Sebelum tampil, Iwan Fals bersama Ki Ganjur alias Sastro Al Ngatawi melakoni perjalanan spiritual, dakwah, dan musik religi ke sejumlah Pondok pesantren (Ponpes) di tanah air.

Salah satunya ke Ponpes Bumi Aswaja pimpinan Ustadz Irsyadul Ibad di Desa Wonokerto Kecamatan Dukun.(*)
(ANT-063/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010