Pendapatan yang optimis angkat saham Eropa ke jalur kenaikan mingguan

Pendapatan yang optimis angkat saham Eropa ke jalur kenaikan mingguan

Indeks DAX, Jerman. ANTARA/Reuters/Staff/aa.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,4 persen pada pukul 07.19 GMT untuk diperdagangkan di level tertinggi lebih dari satu minggu
Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan Jumat dan berada di jalur untuk menutup minggu lebih tinggi, karena optimisme tentang musim pendapatan dan janji Bank Sentral Eropa untuk melanjutkan dukungan moneter menyingkirkan risiko kebangkitan kasus COVID-19.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,4 persen pada pukul 07.19 GMT untuk diperdagangkan di level tertinggi lebih dari satu minggu.

Produsen mobil raih kenaikan tertinggi di awal perdagangan. Pembuat suku cadang mobil Prancis Valeo melonjak 8,1 persen setelah membukukan penjualan dan laba semester pertama yang lebih tinggi, dan mengatakan pihaknya memperkirakan keterbatasan pasokan chip teknologi utama akan berkurang.

Perusahaan produsen otomotif yang lain Faurecia dan Continental AG masing-masing naik 5,6 persen dan 3 persen.

Produsen jet Rafale, Dassault Aviation, naik 7,1 persen karena melaporkan penjualan dan laba yang lebih tinggi di semester pertama tahun ini, sementara operator seluler Inggris Vodafone naik 2,6 persen setelah melaporkan kenaikan pendapatan layanan yang lebih baik dari perkiraan, sebesar 3,3 persen pada kuartal pertama.

Data awal aktivitas sektor manufaktur dan jasa IHS Markit pada Juli untuk zona euro dan Inggris akan dirilis hari ini, yang diperkirakan lebih rendah dibandingkan dengan data pada Juni yang kuat, demikian dikutip dari Reuters.

Baca juga: Indeks FTSE 100 menguat, ditopang lonjakan saham pertambangan
Baca juga: Saham Jerman untung 3 hari beruntun, Indeks DAX 30 naik 0,60 persen
Baca juga: Saham Prancis untung lagi, Indeks CAC 40 naik 0,26 persen

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar