IPB University satukan alumni dari berbagai penjuru negeri lewat FSA

IPB University satukan alumni dari berbagai penjuru negeri lewat FSA

Forum Silaturahmi Alumni (FSA) IPB University VII secara virtual. (FOTO ANTARA/HO- Humas IPB University)

Jakarta (ANTARA) - Himpunan Alumni (HA) IPB University menggelar Forum Silaturahmi Alumni (FSA) IPB University VII secara virtual untuk menyatukan alumni dari berbagai penjuru negeri.

"FSA IPB University bagian dari komitmen untuk mengonsolidasikan alumni,” kata Ketua HA IPB University Fathan Kamil dalam keterangan yang diterima  di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan HA IPB University mendukung proses kaderisasi kepemimpinan yang lahir dari IPB University dan mendorong tumbuh kembangnya kontribusi aktif dalam bentuk kepedulian kepada kemanusiaan yang ada di Indonesia, khususnya melalui instrumen Aksi Relawan Mandiri (ARM).

"Bagaimana kita mendorong organisasi ini tumbuh dengan kapasitas terbaik, sehingga HA IPB University ini hadir untuk bangsa ini. Saya berharap 50 tahun ke depan, HA IPB University menjadi satu organisasi yang punya determinasi kuat. Kita coba dorong terus menerus setiap peran dari alumni di berbagai lapisan maupun berbagai wilayah untuk lebih kuat tampil dan menghadirkan proses kepemimpinan," ujar Fathan yang juga merupakan Presiden Direktur PT Transamudera.

FSA IPB University VII mengusung tema "Meningkatkan Sinergi di Tengah Pandemi". Menurut Ketua FSA IPB University VII Ali Fatoni, tema tersebut digunakan karena kondisi saat ini masih pandemi COVID-19 dan tidak diketahui sampai kapan berakhir.

Sementara itu, Rektor IPB University Prof Arif Satria mengatakan alumni adalah aset yang besar dalam mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

"Alumni ini adalah aset yang perlu kita dorong agar sama-sama memajukan IPB University dan kemajuan bangsa,” tutur Rektor Arif.

Lebih lanjut Arif menuturkan saat ini sebanyak 43 persen inovasi terbaik di Indonesia berasal dari IPB University.

"Tahun lalu 2020 versi Kemendikbud, IPB University berada di peringkat 1 terbaik di Indonesia. Mohon doanya semoga di 2021 tetap bertahan. Karena menuju puncak itu soal ability, bertahan di puncak itu soal karakter. Semoga kita jangan lengah, kita terus berusaha berlatih dan berstrategi agar peringkat di nasional tetap bertahan," ujarnya.

Dia menuturkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) IPB University menjadi ujung tombak yang akan bisa membantu IPB University hadir di desa-desa dan di lapangan.

"Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain, sebaik-baiknya institusi juga yang memberi manfaat untuk publik," demikian  Arif Satria.


Baca juga: ARM HA IPB University perluas jangkauan kegiatan setelah jadi yayasan

Baca juga: Alumni IPB University serap tenaga kerja melalui 'Cleansheet'

Baca juga: Bantu petambak dan nelayan, alumni IPB University rintis "Fishlog"

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Eks GAM Aceh-Sumatera gelar doa dan zikir bersama jelang Ramadhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar