Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Olimpiade Indonesia (IOC) Erick Thohir menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada kontingen Merah Putih yang tengagvberjuang dalam Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli-8 Agustus.

"Saya doakan agar para atlet nasional yang berlaga di Olimpiade Tokyo mampu memberi prestasi terbaiknya, terutama mempertahankan tradisi medali emas," kata Erick dalam keterangan resmi IOC, Jumat.

Erick optimistis atlet Indonesia meraih medali emas dan membuat Merah Putih kembali berkibar dalam ajang olahraga terbesar di dunia itu.

28 atlet Indonesia akan berlaga dalam delapan cabang olahraga, meliputi  bulu tangkis, atletik, panahan, menembak, dayung, selancar, angkat besi, dan renang. Peluang meraih medali, termasuk emas, ada pada bulu tangkis dan angkat besi.

Baca juga: Hal-hal yang perlu diketahui dari Olimpiade 2020 Tokyo

Meski begitu Erick menilai peluang cabang lain meraih medali di Tokyo tetap terbuka.

"Saya memahami bagaimana persiapan atlet yang lebih berat dengan situasi pandemi ini. Namun, saya berharap untuk tetap fokus, jaga kesehatan, dan menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang punya prestasi tinggi di olah raga dunia," kata mantan Ketua IOC periode 2015-2019 itu.

Menteri BUMN ini juga mengapresiasi dukungan ofisial dan pendamping kontingen.

Meski berlaga di tengah pandemi COVID-19, nilai-nilai optimisme untuk berprestasi, menjaga persahabatan dan rasa hormat, tidak dilupakan oleh kontingen Indonesia, kata dia.

Dia kemudian mengajak masyarakat Indonesia  terus mendukung atlet-atlet yang sedang berjuang dalam Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Talenta NBA persengit persaingan basket Olimpiade Tokyo

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021