Anti Hoax

Hoaks! BNPB galang donasi kaus bekas untuk tenaga medis

Hoaks! BNPB galang donasi kaus bekas untuk tenaga medis

Arsip - Sejumlah tenaga kesehatan bersiap sebelum melakukan perawatan terhadap pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (22/1/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/hp.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah pesan berantai beredar di media sosial menyebut Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) menggalang donasi kaus bekas untuk tenaga medis dan relawan Satgas COVID-19.

Pesan itu mengklaim sejumlah tenaga medis tidak membawa baju cukup saat harus bertugas. Baju yang mereka gunakan saat bertugas telah basah oleh keringat. 

Donatur kaus bekas dapat mengirimkan kaus itu ke Graha BNPB. Kaus-kaus bekas itu akan dikirimkan kepada tenaga medis dan relawan Satgas COVID-19 di Wisma Atlet.

Lalu, benarkah BNPB menggalang kaus bekas untuk tenaga medis dan relawan Satgas COVID-19?
 
Tangkapan layar hoaks pesan berantai tentang BNPB menggalang donasi kaus bekas untuk tenaga medis. (Instagram/@bnpb_indonesia)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, pesan berantai tentang donasi kaus bekas yang digalang BNPB itu merupakan hoaks. 

BNPB mengklarifikasi pesan yang beredar itu sebagai kabar bohong. Kabar serupa terkait donasi kaus pernah beredar pada April 2020. 

BNPB melalui siaran pers yang diterbitkan pada Jumat (23/7) di Jakarta meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan berita tersebut. 

BNPB juga meminta masyarakat untuk memastikan kebenaran sebuah pesan yang diterima sebelum menyebarkannya kembali melalui media sosial. 

Klaim:  BNPB galang donasi kaus bekas untuk tenaga medis
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Cek Fakta: RS di Bekasi terima vaksin COVID-19 palsu?

Cek fakta: Cek Fakta: Angka CT Value menentukan kesembuhan pasien COVID-19?

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar