Kemendikbudristek dorong masyarakat beri lingkungan belajar yang baik

Kemendikbudristek dorong masyarakat beri lingkungan belajar yang baik

Tangkapan layar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri di Jakarta, Jumat (23/7/2021). ANTARA/Indriani

memastikan agar dunia anak tetap luas dan kaya
Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud-ristek Jumeri mendorong agar masyarakat dapat memberikan lingkungan belajar yang baik bagi anak.

“Pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, menjadi tantangan bagi kita semua untuk memastikan agar dunia anak tetap luas dan kaya melalui lingkungan belajar yang baik. Kami mendorong agar masyarakat dapat memberikan lingkungan belajar yang baik,” ujar Jumeri dalam peringatan HAN 2021 yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama yakni kemitraan antara satuan PAUD dan orang tua adalah dasar yang paling utama yang perlu dibangun. Pendidik dan orang tua merupakan sumber belajar serta mitra belajar.

Pendidik menawarkan kemampuan pedagogik dalam merancang pembelajaran dan orang tua memperkaya muatan tersebut dengan sumber daya yang dimiliki.

“Termasuk interaksi positif dan dialog menumbuhkan kelekatan dan rasa percaya dan aman. Kemitraan ini juga memberikan manfaat lain yakni memperkaya kosakata anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, kemampuan bernalar, menyimak dan mengajak anak berpikir kritis,” tambah dia.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional momentum agar anak tetap berprestasi
Baca juga: Nadiem minta anak bersabar hadapi pembelajaran jarak jauh


Kedua, menurut Dirjen, menjadikan lingkungan anak penuh dengan keaksaraan yang kaya dengan teks dan gambar. Buku bacaan menjadi alat untuk memperkaya pemahaman anak mengenai dunia. Salah satu caranya dengan membacakan buku pada anak.

“Sudah banyak penelitian yang mengidentifikasi mengenai manfaat membacakan buku pada anak,” jelas Jumeri.

Sejumlah kegiatan diselenggarakan Kemendikbud-ristek pada peringatan HAN 2021 seperti webinar Panggung Anak Indonesia Merdeka, Bincang Pakar dan Pegiat PAUD ‘Anak Cerdas Terliterasi’, Gebyar Dongeng untuk Anak Indonesia, dan Kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA). 

Baca juga: Menteri PPPA motivasi anak Indonesia agar tak kalah dengan pandemi
Baca juga: Mensos Risma ingatkan anak Indonesia tidak pernah menyerah
Baca juga: Jokowi: Anak-anak tetap semangat belajar meski tidak di sekolah


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dorong PTM, Kemendikbudristek tak henti sosialisasikan prokes

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar