Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kosgoro 1957 Dave Laksono mengatakan strategi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) berhasil memulihkan kesehatan dan ekonomi nasional selama pandemi.

"Strategi penanganan pandemi COVID-19 serta dampak ekonomi yang dilakukan oleh KPC-PEN, dengan mempertahankan keseimbangan antara penanggulangan pandemi, sekaligus memulihkan ekonomi nasional yang terdampak menunjukkan hasil yang relatif baik," kata Dave dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kosgoro 1957 bantu percepatan vaksinasi nasional

Anggota DPR RI Komisi I itu menjelaskan strategi utama KPC-PEN mendahulukan pemulihan kesehatan masyarakat flattening the curve kasus COVID-19 nasional, agar pergerakan perekonomian bergerak naik yang ditunjang dengan menjamin ketersediaan vaksin serta kegiatan vaksinasi massal dengan target satu juta vaksin per hari.

"Ini salah satu bukti keberhasilan KPC-PEN yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto," ujar Dave.

Menurut Dave, strategi itu sifatnya fleksibel dan dinamis serta memperhatikan perkembangan data dan angka di lapangan. Dengan kondisi saat ini, dia melihat KPC-PEN prinsip utamanya adalah memprioritaskan aspek kesehatan.

"Nantinya setelah kasus COVID-19 melandai, program ekonomi bisa didorong kembali,” kata Dave.

Dia menyatakan capaian pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun 2021 menunjukkan tren yang positif, sehingga diharapkan pada kuartal kedua nantinya bisa memenuhi target pertumbuhan sebesar 7 persen seperti yang sudah ditargetkan oleh Presiden Jokowi.

"Apalagi ekspor dan impor Indonesia kita mengalami surplus. Tren ini menunjukkan aktivitas ekonomi di Indonesia terus berlanjut pulih. Meski di tengah pandemi COVID-19, performa neraca perdagangan Indonesia masih cukup impresif," jelas Dave.

Baca juga: Relaksasi dilakukan 26 Juli jika ada perbaikan penanganan COVID

Dave menyatakan aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi terbatas pada masa PPKM saat ini, sehingga masyarakat dan UMKM tentunya membutuhkan bantuan untuk menopang perekonomian mereka.

"Dalam situasi PPKM sekarang ini, pemerintah gerak cepat mendorong percepatan penyerapan pemulihan ekonomi nasional dan memunculkan kembali beberapa program-program bantuan sosial,” kata Dave.

Dia berharap dalam masa pandemi COVID-19, seluruh elemen bangsa Indonesia bersatu bergotong-royong mengikuti protokol kesehatan yang ketat selama PPKM, sekaligus mengajak masyarakat untuk mensukseskan segala program pemerintah dalam penanganan COVID-19.

’’Mari kita sukseskan program pemerintah untuk mengatasi pandemi yang sangat luar biasa ini. Mari kita semua bergerak menyukseskan vaksinasi, karena tidak ada jalan lain penyelamatan ini selain vaksinasi," imbau Dave.

Baca juga: Pengamat UI: Hadapi pandemi dibutuhkan kerja sama harmonis umaro-ulama

Baca juga: Kadin Indonesia ingin lakukan pengadaan vaksin COVID secara mandiri

Pewarta: Fauzi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021