Olimpiade

Praveen/Melati catat kemenangan pertama penyisihan Grup C Olimpiade

Praveen/Melati catat kemenangan pertama penyisihan Grup C Olimpiade

Melati Daeva Oktavianti melihat ke samping pasangannya, Praveen Jordan dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda campuran saat mereka melawan Simon Wing Hang Leung dan Gronya Somerville dari Australia pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo, Jepang (24/7/2021). ANTARA/AFP/Pedro Pardo/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memetik kemenangan atas ganda campuran asal Australia Simon Wing Hang Leung/Gronya Somerville pada laga perdana mereka di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada pertandingan penyisihan pertama Grup C yang berjalan selama 52 menit di Lapangan 2 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu, Praveen/Melati menang tiga gim dengan skor 20-22, 21-17, 21-13, dikutip dari laman resmi BWF.

Laga pertama ini dilalui dengan penuh kerja keras oleh Praveen/Melati. Mereka harus menguras tenaga untuk mengungguli Leung/Somerville, terutama pada gim pertama.

Baca juga: Pelatih tak berikan arahan khusus untuk Praveen/Melati di laga perdana

Praveen/Melati kalah cepat mencuri angka di awal gim pertama, namun mereka bisa menyamai kedudukan menjadi 1-1 dan 2-2. Akan tetapi, lawannya kembali berbalik unggul dan terus melaju, mengumpulkan poin demi poin, sedangkan Praveen/Melati tertinggal di belakang.

Pasangan Australia itu memimpin sampai 8-6, lalu Praveen/Melati mengejar dan membuat kedudukan menjadi imbang 8-8. Selepas itu, Praveen/Melati melesat dan memperlebar jarak hingga 20-13.

Tak disangka, lawannya membuat kejutan. Gerakan lincah Leung/Somerville membuat mereka mampu mencuri banyak angka dari Praveen/Melati. Keduanya pun kembali imbang 20-20.

Sayangnya, dua smes terakhir dari Leung/Somerville membawa mereka unggul 22-20 pada gim pertama.

Masuk gim kedua, Praveen/Melati rupanya belum dapat membaca pola main lawannya dengan baik. Mereka kesulitan menemukan celah untuk merebut angka. Namun meski lawannya memimpin, Praveen/Melati terus menempel ketat.

Kedudukan mereka imbang 16-16 dan 17-17. Setelah itu, dengan pola main yang lebih tenang, Praveen/Melati dapat menguasai keadaan dan merebut gim kedua dengan skor 21-17.

Pada gim penentu, semangat Praveen/Melati semakin menyala. Kali ini, mereka bermain lebih agresif dan banyak menyerang. Wakil Garuda itu memimpin di awal gim, meski lawannya kemudian bisa mengimbangi 6-6.

Baca juga: Jordan/Melati perlu penguatan mental jelang laga pembuka di Tokyo

Praveen/Melati meningkatkan tempo permainan dan terus mendominasi, lawannya pun keteteran.

Dengan permainan cepat dan pukulan-pukulan yang tepat sasaran, Praveen/Melati segera menyelesaikan pertarungan hari itu dengan kemenangan akhir 21-13.

Laga tersebut merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan. Sebelumnya, Praveen/Melati dan Leung/Sommerville belum pernah bertemu di turnamen manapun.

Di atas kertas, Praveen/Melati memang lebih dijagokan mengingat saat ini mereka berada di peringkat keempat dunia, sedangkan lawannya menempati rangking ke-57.

Setelah Leung/Somerville, Praveen/Melati masih menyisakan dua laga penyisihan di Grup C, yaitu melawan Mathias Christiansen/Alexandra Boje asal Denmark pada Minggu (25/7), kemudian menghadapi wakil tuan rumah Yuta Watanabe/Arisa Higashino pada Senin (26/7).

Sebelumnya, dua wakil Indonesia telah menyelesaikan laga perdana mereka, yaitu ganda putri Grup A Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang unggul 21-14, 21-17 atas pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dan tunggal putra Grup G Jonatan Christie yang menaklukkan Aram Mahmoud dari Tim Pengungsi Olimpiade IOC dengan skor 21-8, 21-14.

Setelah itu, masih ada dua wakil Garuda yang akan bertanding, yakni ganda putra Grup A Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melawan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy. Kemudian, ganda putra Grup D Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menghadapi Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura asal Kanada.

Baca juga: Greysia/Apriyani petik kemenangan pada laga pembuka Olimpiade Tokyo
Baca juga: Jonatan menang mudah di laga pertama bulu tangkis Tokyo 2020


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Praveen/Melati raih tiket perempat final Indonesia Masters 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar