Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berkomitmen membantu menciptakan SDM terampil dan berkomptensi dengan memberikan pendidikan yang layak bagi anak berprestasi di Kota Bontang, khususnya dari keluarga kurang mampu secara finansial.

Perusahaan juga telah mengimplementasikan program beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan karena pendidikan merupakan faktor utama pengembangan kapasitas masyarakat.

“Sesuai tema Hari Anak Nasional (HAN) 2021, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, PKT terus meningkatkan kontribusi PKTPP untuk memberi ruang dan kesempatan bagi anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak," kata Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan 30 ton oksigen medis ke rumah sakit di Bontang

Program beasiswa diberikan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA, di mana anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di sekitar perusahaan, difasilitasi dengan menempuh pendidikan di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), yang merupakan sekolah swasta terbaik di Kaltim.

“Beasiswa bagi anak mulai tingkat SD sengaja disasar, agar ada kesinambungan proses pendidikan di setiap jenjang,” ujar Rahmad.

Tahun 2021, beasiswa PKTPP dikucurkan bagi 36 anak di Kota Bontang, terdiri atas 10 siswa tingkat SD, 8 siswa tingkat SMP, 8 siswa tingkat SMA dan 10 penerima tingkat perguruan tinggi.

“Meski dihadang pandemi, PKT terus berperan dalam peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar lebih tinggi, agar menjadi generasi penerus bangsa yang terampil dan berkompeten,” lanjut Rahmad.

Baca juga: Pupuk Kaltim tekankan pentingnya budaya AKHLAK dalam bisnis perusahaan

Program beasiswa PKTPP memberi keleluasaan bagi penerima untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang diminati, dengan pembiayaan penuh mulai awal masuk hingga lulus kuliah, mulai dari biaya tes sebelum masuk perguruan tinggi, biaya akomodasi dan buku, hingga tugas akhir.

“PKT juga memberi bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir, agar mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu,” katanya.

Saat ini, PKT bekerja sama dengan 15 universitas terkemuka di Tanah Air, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Insititut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Mulawarman (Unmul), Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Institut Seni Indonesia (ISI), Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia.

Sejak tahun 2008, PKT telah mengalokasikan sekitar Rp23 miliar untuk program beasiswa PKTPP. Sebanyak 88 mahasiswa di Bontang dan Kaltim telah menerima manfaat dengan jumlah mahasiswa aktif saat ini sebanyak 62 orang, di mana selebihnya telah lulus dan bekerja sesuai bidang masing-masing.

Begitu pula untuk tingkat SD hingga SMA, beasiswa PKTPP telah mengakomodir 126 anak dan 53 di antaranya sudah lulus serta melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021