Bumdes di Barito Utara bangun SPBU mini

Bumdes di Barito Utara bangun SPBU mini

Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor meletakan batu pertama pembangunan Pertamina Desa (Pertades) Mitra Karya, Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, Kamis (22/7/2021). ANTARA/HO-Dinsos PMD Barut.

Kapasitas tangki untuk Pertades Mitra Karya ini 6.000 liter untuk minyak pertamax dan solar indutri dengan sistem ritel dan penyalur dan harga sesuai standar Pertamina
Muara Teweh (ANTARA) - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mitra Karya Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membangun Pertamina Desa (Pertades) atau SPBU mini bekerja sama dengan PT Mutiara Teknologi Utama, Semarang, Jawa Tengah.

"Bumdes Mitra Karya bekerja sama dengan PT Mutiara Teknologi Utama Semarang dalam hal pemasok BBM di Kecamatan Gunung Timang yang tertuang dalam surat perjanjian kerja sama investasi pembangunan Pertades BBM ron dan HSD Bumdes," kata Kepala Desa Batu Raya I Sehat, Sabtu.

Menurut dia, Bumdes Mitra Karya merupakan Bumdes yang khusus menangani penjualan BBM di samping sebagai agen penyalur pupuk di wilayah Kecamatan Gunung Timang.

Kerja sama ini, kata dia, dalam bentuk pelaksanaan pembangunan unit Pertades. Selain itu mengikuti pelatihan sistem manajemen pengelolaan dan bimbingan teknis (Bimtek) standar keamanan dan pelayanan dengan sistem kerja sama operasional, pengadaan sarana pendukung, pembiayaan investasi dan alat.

"Kapasitas tangki untuk Pertades Mitra Karya ini 6.000 liter untuk minyak pertamax dan solar indutri dengan sistem ritel dan penyalur dan harga sesuai standar Pertamina," katanya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor menyambut baik adanya keinginan dari Bumdes Mitra Karya ini untuk bermitra dengan dunia usaha lainnya untuk mengembangkan usaha.

"Pertades atau SPBU mini yang resmi di kelola oleh Bumdes atau pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan sebagai penyalur resmi dari pertamina dalam skala kecil yang melayani jenis BBM," katanya.

Ke depannya, kata dia, Bumdes Mitra Karya ini nantinya bisa juga menyediakan LPG dan pelumas.

"Diharapkan kepada Bumdes desa-desa tetangga agar bisa bekerja sama dalam usaha pengadaan BBM sehingga dapat menggerakan perekonomian desa dan dapat diintegrasikan dalam program pemerintah desa yang tidak hanya berorentasi pada profit semata, tapi juga pemberdayaan kepada masyarakat," kata Eveready Noor.

Baca juga: SPBU mini diminta sediakan alat pemadaman ringan antisipasi kebakaran

Baca juga: BPH Migas minta Pertamina jadikan Kalbar percontohan pembentukan SPBU mini

Baca juga: Pertamina gandeng BUMDES bangun 77 ribu SPBU mini

Baca juga: Merangkul usaha kecil dalam distribusi migas

Pewarta: Kasriadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ratusan rumah di Barito Utara terendam banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar