BMKG keluarkan peringatan potensi hujan, angin kencang, dan kebakaran

BMKG keluarkan peringatan potensi hujan, angin kencang, dan kebakaran

Sejumlah kapal penangkap ikan tidak melaut karena cuaca buruk di Laha Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (10/7/2021). ANTARA FOTO/FB Anggoro.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang, hingga kebakaran hutan atau lahan pada Minggu.

Potensi angin kencang diprakirakan terjadi di Sulawesi Barat sehingga masyarakat diminta mewaspadainya khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Polewali Mandar dan Majene pada pagi malam dan dini hari.

Demikian juga di Sulawesi Tengah, yang akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore dan dini hari di wilayah Kabupaten atau Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sementara di Kalimantan Barat, masyarakat diminta untuk waspada terhadap peningkatan suhu udara dan penurunan kelembapan udara yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan.

Begitu pula di kawasan Nusa Tenggara Timur, diharap mewaspadai potensi kebakaran lahan.

Baca juga: Hari ini Jakarta diprediksi tak hujan
Baca juga: BMKG prakirakan hujan disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia
Baca juga: Sebanyak 11 daerah di NTT alami kekeringan ekstrem panjang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hujan deras sebabkan banjir di Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar