Sepekan, aturan perjalanan hingga penambahan anggaran kartu sembako

Sepekan, aturan perjalanan hingga penambahan anggaran kartu sembako


Foto udara suasana operasi gabungan penyekatan PPKM Darurat di pintu keluar Gerbang Tol Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (8/7/2021). ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Ini semua, kami mendengarkan banyak orang. Kami mendengarkan guru besar FK UI, asosiasi profesi kedokteran, Universitas Airlangga, UGM, dan lainnya.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita terkait kebijakan dan stimulus dalam mengatasi pandemi COVID-19 mendominasi kabar ekonomi nasional hingga daerah di kanal Antaranews.com selama sepekan.

Pemerintah mengeluarkan aturan pembatasan perjalanan menggunakan transportasi darat selama libur Idul Adha, 19-25 Juli 2021.

Selain itu, pemerintah juga menambah anggaran kartu sembako sebesar Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta keluarga di Indonesia. Mereka akan mendapatkan tambahan dana dari sebelumnya hanya Rp200 ribu menjadi Rp400 ribu untuk setiap keluarga.

Berikut lima rangkuman berita sepekan selengkapnya:


Aturan perjalanan

Kementerian Perhubungan menerbitkan regulasi surat edaran untuk membatasi  pergerakan masyarakat berkaitan dengan libur Idul Adha 1442 Hijriah.

Dalam surat edaran itu pemerintah memberlakukan pembatasan seluruh perjalanan keluar daerah. Namun, bagi pekerja sektor esensial dan kritikal, serta pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak masih diperkenankan untuk melakukan perjalanan.

Baca selengkapnya di sini.


BRI bagi sembako

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang, Jawa Timur, menyalurkan 7.777 paket sembako kepada masyarakat untuk mengurangi dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi COVID-19.

Pemimpin Wilayah BRI Malang Prasetya Sayekti mengatakan penyaluran ribuan paket sembako tersebut merupakan bentuk empati perseroan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini.


Perumusan PPKM libatkan akademisi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengambilan keputusan dan perencanaan dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan menerapkan PPKM Darurat selalu melibatkan banyak pihak termasuk akademisi dari berbagai kampus.

"Ini semua, kami mendengarkan banyak orang. Kami mendengarkan guru besar FK UI, asosiasi profesi kedokteran, Universitas Airlangga, UGM, dan lainnya," kata Luhut.

Baca selengkapnya di sini.


Tambahan anggaran kartu sembako

Pemerintah menambah anggaran kartu sembako sebesar Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta keluarga sehingga total anggaran kartu sembako menjadi Rp49,89 triliun.

Penambahan itu sejalan dengan kebijakan memperpanjang pemberian dana kartu sembako menjadi 14 bulan kali pembayaran dari sebelumnya 12 bulan.

Baca selengkapnya di sini.


Auto migrasi nasabah BSI

PT Bank Syariah Indonesia Tbk melakukan proses auto migrasi lebih dari 395 ribu rekening nasabah eks BRISyariah untuk mempercepat proses integrasi sistem tiga bank setelah merger, sehingga nasabah bisa menikmati produk dan layanan perseroan dengan optimal.

Dalam auto migrasi nasabah eks BRISyariah tersebut, jumlah dana pihak ketiga yang akan dimigrasikan senilai Rp9,7 triliun. Selain itu, auto migrasi juga dilakukan terhadap 76 ribu rekening pembiayaan dengan nilai Rp15,6 triliun.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ingin kurangi disparitas, Kemenhub gelar vaksinasi di Yogyakarta & Bantul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar