Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap keberhasilan Windy Cantika Aisah meraih medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dapat memacu semangat atlet-atlet Indonesia lainnya untuk meraih prestasi terbaik dalam ajang multievent tersebut.

“Selamat kepada Windy Cantika Aisah yang berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Keberhasilan ini patut diberi apresiasi tinggi, mengingat atlet-atlet kita berlatih dan bertanding di situasi sulit dan penuh keterbatasan akibat pandemi COVID-19,” kata LaNyalla melalui keterangan tertulis, Minggu.

Indonesia meraih medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 yang dipersembahkan lifter Windy Cantika Aisah yang menyabet medali perunggu cabang angkat besi nomor 49 kg di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7).

Windy yang masih berusia 19 tahun itu mencatatkan total angkatan 194 kilogram. Medali emas di nomor ini direbut wakil China Zhihui Hou dengan total angkatan 210 kg, yang sekaligus menjadi rekor terbaru Olimpiade. Sedangkan perak menjadi milik wakil India Chanu Saikhom Mirabai dengan total angkatan 202 kg. 

Baca juga: Windy Cantika sumbang medali pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 
Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat buat lifter Windy Cantika Aisah 


Menurut LaNyalla, pencapaian Windy menunjukkan cabang angkat besi selalu konsisten melahirkan lifter-lifter berprestasi. Hal ini tentu saja tidak lepas dari pembinaan federasi dan pemerintah.

“Sejak Olimpiade Sydney 2000, cabang angkat besi selalu menyumbang medali. Ini membuktikan pembinaan dan regenerasi yang dilakukan sangat baik. Semoga menjadi contoh cabang-cabang lain untuk meningkatkan prestasinya,” ujar Mantan Ketua Umum PSSI itu.

LaNyalla pun berharap medali pertama bagi tim Merah Putih di Olimpiade Tokyo menjadi penyemangat bagi atlet-atlet lainnya yang sedang berjuang.

“Semoga kemenangan Windy ini menular positif kepada semua atlet Indonesia dari beberapa cabang yang ikut bertanding. Mari kita doakan semoga tradisi medali bagi Indonesia tetap bertahan, karena Indonesia memiliki atlet-atlet yang berkualitas,” kata Ketua DPD yang sedang menjalani masa reses di Jawa Timur itu.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia mengirim 28 atlet yang akan bersaing di beberapa cabang olahraga, yakni bulu tangkis, atletik, angkat besi, dayung, renang, atletik, panahan dan selancar. Bulu tangkis dan angkat besi menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali. 

Baca juga: Menkominfo apresiasi Windy Cantika raih medali pertama bagi Indonesia 
Baca juga: Doa dan air mata sang ibu iringi Windy Cantika di Tokyo 2020 
Baca juga: Bonus Rp1,1 miliar bakal mengalir ke kantong Windy Cantika 

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021