Ruangguru rilis fitur baru Adapto, tingkatkan interaksi belajar

Ruangguru rilis fitur baru Adapto, tingkatkan interaksi belajar

Ilustrasi fitur Adapto Ruangguru (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Menyambut tahun ajaran baru, Ruangguru meluncurkan Adapto, sebuah fitur baru yang memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA, dan dapat dinikmati langsung dari aplikasi Ruangguru.

"Setiap siswa memiliki pola, ritme dan peta belajarnya masing-masing. Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis," kata Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangannya pada Senin.

Lebih lanjut Belva mengatakan selama belajar jarak jauh dari rumah, interaksi belajar siswa telah jauh berkurang. Hasilnya, banyak siswa yang merasa kurang paham dan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. "Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur. Karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," kata Belva.

Cara kerja
Jalan cerita dari video belajar yang ditonton oleh siswa akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan pilihan jawaban yang diambil oleh siswa selama belajar. Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”. Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya.

Namun apabila siswa memilih “Bingung”, maka guru akan akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami. Fitur Adapto juga dapat mengukur kemampuan siswa melalui kuis di tengah video belajar. Ketika jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa. Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan dan gaya belajarnya.

"Meskipun terlihat sederhana, namun proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit. Untuk setiap satu video belajar yang dibuat, ratusan guru dan ahli di berbagai bidang harus memikirkan berbagai kemungkinan peta jalan belajar siswa, sehingga harapannya pengalaman belajar bisa menjadi lebih personal menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman masing-masing siswa," kata Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

Inovasi semacam Adapto adalah yang pertama di Indonesia dan merupakan inovasi revolusioner di dunia pendidikan. Harapannya, lewat inovasi ini, pembelajaran siswa dapat jauh lebih personal, menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman setiap siswa.

Baca juga: Transformasi digital dorong peningkatan daya saing perusahaan

Baca juga: Pelatihan Bahasa Inggris kian diminati peserta Kartu Prakerja

Baca juga: Kiat cari kerja untuk "fresh graduate" di kala pandemi ala Ruangguru

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara daftar jadi mitra pemerintah di Kartu Prakerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar