Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mengubah sementara gedung asrama pada sekolah di lingkungan kementerian itu untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pegawai dan mayarakat yang terpapar COVID-19.

"Menhub mendorong agar sekolah-sekolah di lingkungan Kemenhub mengambil peran di tengah kondisi pandemi ini, salah satunya dengan memanfaatkan asrama untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pegawai dan masyarakat yang terpapar COVID-19 di sekitar lokasi sekolah dengan gejala ringan ataupun tanpa gejala," kata Plt Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub Zulfikri dalam keterangannya, Senin.

Ia menjelaskan saat ini beberapa sekolah sudah menjadi lokasi isolasi mandiri untuk di wilayah Jabodetabek yaitu Politeknik Transportasi Darat (PTDI) – STTD Bekasi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC), Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan (PPSDMAP), dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug.

Jumlah penderita COVID yang menjalani isolasi mandiri sejak digunakan fasilitas asrama tersebut adalah sebanyak 236 orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 165 orang, kemudian yang masih menjalani isoman sebanyak 71 orang di 3 lokasi yakni 56 orang di PTDI-STTD Bekasi, 2 orang di STIP Jakarta dan 13 orang di PPSDMAP.

Baca juga: Kemenhub siapkan kapal Pelni jadi tempat isolasi mandiri di Makassar

Selain Kampus yang berada di wilayah Jabodetabek, ia juga mendorong agar kampus lain yang berada di beberapa wilayah di Indonesia agar dapat melakukan misi kemanusiaan serupa dengan bekerja sama dengan Satgas COVID-19 dan pemerintah setempat.

Sekolah lainnya yang saat ini menjadi lokasi isolasi mandiri adalah Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) di Kabupaten Tabanan Bali.

Zulfikri juga meminta agar kampus yang dijadikan lokasi isolasi mandiri bekerja sama dengan rumah sakit setempat dalam penyediaan tenaga medis dan penangan lebih lanjut jika terdapat pasien yang mengalami gejala sedang hingga berat.

“Pemanfaatan asrama sebagai lokasi isolasi mandiri selama penundaan kegiatan on campus dan tidak ada kegiatan rutin lainnya, karena tidak semua asrama dapat digunakan untuk isolasi mandiri,” ujarnya.

Baca juga: Pelni siapkan Kapal Umsini jadi tempat isolasi apung pasien COVID-19

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021