Olimpiade

Amerika Serikat pastikan jejaki semifinal 3x3 putri Olimpiade Tokyo

Amerika Serikat pastikan jejaki semifinal 3x3 putri Olimpiade Tokyo

Reaksi para pemain bola basket 3x3 putri Amerika Serikat (ki-ka) Stefanie Dolson, Kelsey Plum dan Jacqueline Young saat menghadapi China dalam lanjutan fase penyisihan Olimpiade Tokyo 2020 di Aomi Urban Sports Park, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). (ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers)

Jakarta (ANTARA) - Tim bola basket 3x3 putri Amerika Serikat melanjutkan tren sapu bersih kemenangan mereka untuk memastikan menjejaki babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, seusai memetik dua kemenangan lagi dalam hari ketiga turnamen di Aomi Urban Sports Park, Senin.

Di sesi ketiga hari Senin, Amerika menghentikan perlawanan sengit Italia untuk menang 17-13 selepas dua lemparan bebas Allisha Gray menutup laga.

Sekira dua jam kemudian dalam sesi keempat, Amerika memenangi laga sengit kontra China dengan skor 21-19 berkat tembakan luar busur Kelsey Plum tepat 34 detik sebelum waktu habis, demikian catatan laman resmi Olimpiade.

Dua hasil tersebut membuat Amerika menyapu bersih kemenangan dalam enam pertandingan di fase penyisihan grup dan dipastikan finis dua besar untuk melangkah ke semifinal.

Baca juga: 3x3 putri Indonesia berjibaku hadapi Amerika di kualifikasi Olimpiade

Amerika masih menyisakan satu laga lain pada Selasa (27/7), menghadapi tuan rumah Jepang yang saat ini berada di posisi ketiga klasemen dan berharap setidaknya bisa melangkah ke perempat final.

Dua negara yakni Rumania dan Mongolia sudah dipastikan tidak berkesempatan untuk melangkah ke babak gugur. Rumania ada di posisi ketujuh hanya sekali menang dan lima kali kalah, sedangkan Mongolia masih nirmenang.

Prancis, yang dihuni pemain peringkat satu 3x3 FIBA Laetitia Guapo, sukses menjegal ambisi ROC (Rusia) dengan membukukan kemenangan 17-14 dalam laga penutup rangkaian hari ketiga.

Baca juga: Perjuangan keras 3x3 putri Indonesia belum cukup hentikan Prancis

Selain Amerika vs Jepang, China akan menghadapi Mongolia dalam sesi pertama Selasa (27/7) besok, diikuti Prancis vs Rumania dan ROC vs Italia di sesi berikutnya.

Tim-tim yang berakhir di peringkat ketiga hingga keenam akan langsung bermain lagi di sesi ketiga untuk menjalani pertandingan babak perempat final.

Baca juga: 3x3 putri Indonesia tundukkan Uruguay 22-15 di kualifikasi Olimpiade
Baca juga: Timnas 3x3 putri tampil lebih gigih lawan Jerman walau tetap kalah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar