Buat besok, yang penting siap mental saja, siap capek dan jangan lupa, harus jaga ekspektasi
Jakarta (ANTARA) - Pelatih ganda putri timnas bulu tangkis Indonesia Eng Hian meminta agar Greysia Polii/Apriyani Rahayu mempersiapkan mental mereka menghadapi wakil tuan rumah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada laga terakhir penyisihan Grup A Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (27/7).

Selain itu, pelatih yang akrab disapa Koh Didi itu juga mengingatkan agar anak didiknya itu dapat menjaga ekspektasi dalam setiap pertandingan yang mereka jalani.

“Buat besok, yang penting siap mental saja, siap capek dan jangan lupa, harus jaga ekspektasi. Kalau masalah strategi, itu tidak perlu dibahas,” kata Koh Didi dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senin.

Baca juga: Greysia/Apriyani menang straight game di laga kedua Grup A Olimpiade

Pada laga esok, Greysia/Apriyani yang menempati peringkat keenam dunia itu akan berhadapan dengan Fukushima/Hirota yang merupakan ganda putri nomor satu dunia. Lawan yang tak mudah bagi pasangan Indonesia tersebut.

Sementara itu, sebelumnya pada Senin sore, Greysia/Apriyani menaklukkan pasangan asal Inggris Chloe Birch/Lauren Smith dalam dua gim langsung dengan kedudukan 21-11, 21-13.

“Bagi saya, penampilan Greysia/Apriyani hari ini tidak spesial sebenarnya. Saya lebih yakin bahwa memang performa lawan yang sedang tidak normal, tidak seperti mereka (Birch/Smith) yang biasanya,” ujar Koh Didi.

Pria berusia 44 tahun itu pun mengaku kaget melihat penampilan pasangan Inggris tersebut hari ini. Menurut dia, Birch/Smith kemungkinan besar merasa tegang atau berada di bawah tekanan, sehingga permainan mereka tidak lepas.

Baca juga: Greysia/Apriyani ingin lebih fokus pada diri sendiri

“Saya agak kaget juga melihat penampilan lawan hari ini karena tidak seperti performa normal mereka. Saya pikir mereka agak tegang atau karena ada pressure (tekanan), karena di pertemuan-pertemuan sebelumnya, kalau ketemu mereka, pasti selalu berakhir dengan skor ketat,” ungkap Koh Didi.

Dari segi peringkat, Greysia/Apriyani memang jauh lebih diunggulkan, sedangkan Birch/Smith saat ini menempati rangking ke-14 dunia.

Sebelum Olimpiade Tokyo 2020, kedua pasangan itu sudah bertemu di empat turnamen terdahulu, dan Greysia/Apriyani menyapu bersih empat kemenangan.

Mereka pertama kali bertemu pada turnamen All England 2019. Kemudian mereka kembali bertemu dalam ajang Sudirman Cup 2019, China Open 2019 dan terakhir Barcelona Spain Masters 2020.

Baca juga: Greysia tegang meski sudah tiga kali ikuti Olimpiade

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021