Jakarta (Antara) – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) kepada para Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2021. Mereka yang nantinya mendapatkan tugas mulia mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih ini berasal dari 34 propinsi, dan masing masing wilayah diwakili dua orang peserta. 
 
Pembekalan materi PIP untuk para Calon Paskibraka merupakan amanat dan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. 
 
Dalam Perpres tersebut disebutkan, PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten/kota, Propinsi sampai tingkat nasional. Selanjutnya, para Calon Paskibraka yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan PIP akan ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila.
 
Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan, bahwa Paskibraka 2021 tahun ini diharapkan mampu menjadi duta Pancasila di masa generasi yang akan datang. "Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 tahun ini bisa menjadi pelopor yang dapat diteladani oleh generasi muda yang akan datang. Sehingga dapat menjalankan tugas dan bisa merawat Pancasila dimasa yang akan datang," ungkap Yudian saat memberikan pembekalan secara daring.
 
Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam menyampaikan Paskibraka tahun 2021 adalah istimewa, karena pertama kali setelah diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 13 tahun 2021, maka seluruh peserta akan mendapatkan pendalaman materi Pembinaan Ideologi Pancasila.
 
“Perlu dicatat baik baik, Paskibraka bukan sekedar bertugas sebagai pengibar bendera, bukan sekedar untuk baris berbaris dan mengibarkan bendera saat HUT Kemerdekaan RI, tapi dipundak adik adik ada amanah besar, sosok kader pemimpin kader nasional,” jelas Asrorun.
 
Sementara itu Deputi Bidang Pendidikan dan Latihan BPIP, Babby Siti Salamah mengungkapkan bahwa peserta Calon Paskibraka terpilih merupakan kader pemimpin bangsa. Disampaikannya tujuan pembekalan PIP adalah untuk membangun karakter para calon Paskibraka Nasional sebagai agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
 
“Dalam diri peserta diharapkan akan terbentuk karakter kepemimpinan, keterampilan, kedisiplinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, cinta pada tanah air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, terbentuknya jiwa semangat patriotisme dan nasionalisme,” ujarnya.
 
Pembekalan materi PIP yang dipandu oleh pegawai BPIP Marta dan Wike ini dikemas secara apik dan menyenangkan dengan penayangan video materi para Dewan Pengarah BPIP dan pimpinan BPIP yang diselingi dengan game dan kuis.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021