Athena (ANTARA) - Yunani pada Senin (26/7) mengumumkan bahwa anak berusia 12-15 tahun dapat menerima vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech dan Moderna, memperluas vaksinasi remaja yang dimulai Juli ini saat infeksi terus meningkat.

Kepala komite vaksinasi Yunani, Maria Theodoridou, mengatakan jangkauan remaja yang lebih muda dalam program vaksinasi akan membantu melindungi anak-anak dan kerabat yang lebih rentan sekaligus mempersiapkan strategi untuk kembali ke sekolah pada September.

Sebagai negara berpenduduk 11 juta jiwa, Yunani hingga saat ini telah memberikan lebih dari 10,2 juta dosis pertama. Sekitar 46,8 persen dari populasi telah mendapatkan dosis lengkap, menurut Marios Themistokleous, sekjen yang membidangi vaksinasi.

Dalam upaya mengajak lebih banyak orang untuk divaksin, pemerintah memberikan insentif seperti uang tunai dan kuota gratis bagi kaum muda untuk menaikkan tingkat vaksinasi menjadi 70 persen pada musim gugur.

Yunani melaporkan 2.070 infeksi dan lima kematian baru COVID-19 pada Senin, sehingga masing-masing totalnya menjadi 477.975 infeksi dan 12.903 kematian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Polisi Yunani bentrok dengan massa yang menolak vaksinasi wajib
Baca juga: Komite Yunani rekomendasikan vaksinasi COVID remaja 15-17 tahun
Baca juga: Yunani berencana mulai vaksinasi COVID Johnson & Johnson 5 Mei

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021