Fakultas Peternakan IPB beri pembekalan KKNT untuk mahasiswa

Fakultas Peternakan IPB beri pembekalan KKNT untuk mahasiswa

Suasana kuliah pmbekalan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang digelar oleh Fakultas Peternakan IPB University (ANTARA/HO-IPB University)

Jakarta (ANTARA) - Fakultas Peternakan IPB University memberikan kuliah pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kepada lebih dari 250 mahasiswa untuk untuk mempersiapkan mereka melakukan KKNT di tengah masyarakat.

"Tujuan dari KKNT ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan rasa peduli dan empati mengenai permasalahan yang ada di masyarakat. Mahasiswa juga bisa membuat program yang bisa mengungkit potensi desa tersebut atau bahkan mampu menyelesaikan beberapa permasalahan yang terjadi di desa tersebut," ujar Dekan Fakultas Peternakan Idat Galih Permana dalam keterangan IPB University, yang diterima di Jakarta, Selasa.

Idat menegaskan bahwa kuliah kerja nyata adalah suatu wadah yang sangat penting bagi mahasiswa, terutama dalam hal interaksi dengan masyarakat.

Sementara itu, dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB University M. Baihaqi memaparkan tentang bangsa-bangsa ternak untuk memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa.

"Jangan sampai anak Fapet (Fakultas Peternakan) di lapangan itu tidak bisa membedakan antara kambing dan domba. Di tengah masyarakat, hal seperti ini sering terjadi," kata Baihaqi.

Pembekalan juga dilakukan oleh Asep Sudarman, dosen Departemen Ilmu Nurtrisi dan Teknologi Pakan (INTP) IPB University, yang memaparkan tentang nutrisi dan teknologi pakan. Paparan itu diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa mengenai jenis-jenis pakan ternak yang biasa digunakan di Indonesia serta fungsi-fungsinya.

Materi terakhir terkait ilmu peternakan disampaikan oleh Epi Taufik mengenai budi daya, pakan dan pengolahan. Dalam penjelasannya, dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan itu mematahkan beberapa anggapan atau stigma negatif mengenai hewan ternak dengan memberikan gambaran nilai gizi serta keamanan produk-produk ternak.

Dalam kesempatan itu hadir pula dosen Fakultas Kehutanan, Soni Trison, menjelaskan mengenai kewirausahaan dan pengembangan jejaring mitra kerja. Dalam paparannya, Soni berbagi pengalamannya bekerja sama dengan beberapa kementerian dan juga corporate social responsibility (CSR) beberapa perusahaan nasional.

Materi pembekalan KKNT juga diberikan oleh Kepala Bagian Humas Biro Komunikasi IPB University Siti Nuryati untuk berbagi kiat-kiat dalam menulis berita. Dalam kesempatan itu dia juga berpesan kepada para mahasiswa agar membangun relasi dengan redaksi media massa tempat KKNT dilaksanakan.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bengkel untuk tingkatkan produktivitas ternak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar