Jayapura (ANTARA) - Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah (Peguteng), Papua, mengharapkan isolasi antarkabupaten dan distrik bisa dibuka agar pembangunan berjalan optimal.

Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah (Peguteng), Befa Yigibalom, dalam siaran persnya di Jayapura, Selasa, mengatakan Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang hingga kini masih terisolasi.

"Untuk itu, kami mengharapkan dalam sisa kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe dapat memberikan perhatian pembangunan di dua kabupaten tersebut," katanya yang juga Bupati Lanny Jaya.

Baca juga: Gubernur Lukas Enembe meluncurkan tiga buku terkait Papua

Menurut Befa, pihaknya mengharapkan Gubernur Lukas Enembe untuk memperhatikan kabupaten tersebut dengan mengalokasikan anggaran guna pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

"Mulai anggaran tahun ini hingga masa kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe berakhir pada 2023, kami harapkan ruas jalan yang menghubungkan antara Dekai-Kabupaten Yahukimo ke Wamena-Kabupaten Jayawijaya dan Wamena menuju Kurima, Ninia, Lolat, Sobaha dan ke Anggruk dapat dihubungkan, begitu pula dengan Pegunungan Bintang," ujarnya.

Baca juga: KPU Papua sebut partisipasi pemilih PSU Boven Digoel 56,06 persen

Dia menjelaskan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang telah memberikan dukungan suara besar kepada Lukas Enembe pada Pemilihan Gubernur Papua.

"Dengan demikian jika wilayah pegunungan lain dibangun, maka diharapkan pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang juga menjadi perhatian," katanya.

Dia menambahkan dengan peluncuran buku yang dilakukan Gubernur Lukas Enembe mengenai Papua diharapkan dapat menjadi pengingat kembali untuk memberikan perhatian kepada pembangunan di Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

Baca juga: Kemenkop dukung pemberdayaan UMKM Papua untuk ajang PON

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021