Cibinong (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bogor Jawa Barat menyarankan dan mengajak agar para jamaah calon haji asal daerah setempat fokus pada ibadah, sehingga proses ibadah yang ditempuh dapat dilaksanakan secara paripurna.

"Calhaj perlu fokus pada semua rangkaian ibadah yang dilakukan dengan memanfaatkan momentum haji secara optimal hanya untuk beribadah," kata Wakil Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Makmur Zawawi, Selasa di Cibinong.

Ajakan yang dilakukan MUI tersebut dinilai penting sebagai upaya organisasi para ulama tersebut, agar calhaj Kabupaten Bogor dapat menunaikan haji secara optimal baik dari sisi prosedur maupun substansi.

"Kami berharap dan mendoakan kelancaran serta kesuksesan ibadah semua calhaj," ujar KH Makmur Zawawi.

Oleh karena itu, MUI Kabupaten Bogor memberikan kiat agar proses ibadah jamaah calhaj berjalan dengan baik dan meraih luaran optimal.

"Calhaj harus fokus pada ibadah semata, tidak memikirkan yang lainnya. Bila fokus dapat dicapai, maka calhaj dapat beribadah secaea khusu," ungkap Makmur yang juga pengasuh Pesantren Hidayatul Wildan Kecamatan Leuwiliang, Bogor.

Fokus dalam ibadah, lanjut Makmur, dapat dicapai dengan memperbanyak rangkaian ibadah secara kuantitas dan meningkatkan kualitasnya semampu mungkin.

"Ibadah haji dapat dijadikan sebagai ladang ibadah yang harus disyukuri oleh seorang calhaj dengan mengelolanya secara optimal agar meraih haji berkualitas," imbuh Makmur.

Menurutnya, rangkaian dan proses panjang serta banyaknya energi yang harus dikeluarkan seorang calhaj dapat direfleksikan guna meningkatkan kehusuan dalam ibadah haji.

"Kuota haji sangat terbatas. Masa tunggunya juga cukup lama yaitu antara tiga hingga empat tahun serta tidak banyak umat Islam yang mempunyai kesempatan sangat langka, yang mungkin hanya dialami sekali seumur hidup," paparnya.

Hal tersebut, sambung Makmur, dapat dijadikan sebagai faktor pemicu seorang calhaj sehingga bisa melaksanakan ibadah haji secara paripurna dan meraih predikat haji "mabruur" yaitu haji yang diterima Allah SWT.

"Haji mabrur akan terlihat dari efek yang ditimbulkan terhadap perilaku dan akhlak seorang calhaj begitu kembali ke tanah air dan berkumpul kembali dengan masyarakatnya. kalau ibadanya mabrur, maka ia akan menjadi teladan di tengah kehidupan," kata Makmur Zawawi.

Makmur mengungkapkan, aktivitas yang dapat menurunkan semangat ibadah haji yaitu wisata dan belanja. Karenanya, kalaupun jamaah ingin wisata dan belanja sebagai kenang-kenangan hendaknya dilakukan secara sederhana, sehingga tidak mengganggu proses dan rangkaian haji.
(ANT053/A008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010