Olimpiade

Rahmat Erwin Abdullah diganjar hadiah jelang tampil di Olimpiade Tokyo

Rahmat Erwin Abdullah diganjar hadiah jelang tampil di Olimpiade Tokyo

Arsip foto: Lifter Timnas Indonesia Rahmat Erwin Abdullah berlatih di kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, Rabu (27/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Makassar (ANTARA) - Lifter Indonesia asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah diganjar hadiah dari berbagai pihak menjelang tampil pada kelas 73kg cabang angkat besi Olimpiade Tokyo, Rabu (28/7).

Ketua KONI Sulsel Ellong Tjandra di Makassar, Selasa, mengatakan Asuransi Bosowa mengganjar hadiah Rp10 juta, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel menghadiahkan sebuah sepeda motor dan hadiah lain berupa satu unit rumah dari Bank Sulselbar.

“Ini bentuk apresiasi ketiga lembaga ini untuk spirit dan sebagai penyemangat bagi Erwin yang akan bertanding esok,” kata Ellong.

Hadiah untuk Rahmat Erwin Abdullah itu diinisiasi oleh Ketua KONI Sulsel Ellong Tjandra kepada sejumlah sponsor, sebagai bagian dari upaya KONI Sulsel untuk menghargai atletnya yang telah lolos bertanding di Olimpiade Tokyo 2021.

Menurut Ellong, ini merupakan bukti bahwa KONI Sulawesi selatan tidak tinggal diam terhadap atletnya yang telah menorehkan prestasinya selama ini, agar membanggakan nama Indonesia dan Sulawesi Selatan khususnya.

Baca juga: Profil atlet Olimpiade: Lifter Rahmat Erwin Abdullah

Rahmat Erwin Abdullah, menjadi salah satu dari lima atlet angkat besi yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo yang berlangsung 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Atlet kelahiran kota Makassar ini, bisa lolos dan meraih tiket Olimpiade melalui jalan yang tak mudah.

Berdasarkan data IWF pada april 2021, Rahmat berada pada peringkat 22 sementara setiap kelasnya hanya 13 lifter yang bisa lolos ke Tokyo. Ke 13 lifter itu terdiri dari delapan lifter masuk jajaran delapan besar dunia, dan lima lifter lainnya wakil dari setiap kontinen atau benua.

Walau berada di luar dari delapan besar, Rahmat berhasil memperbaiki peringkat dari peringkat 22 menjadi peringkat 11.

Hal itu setelah IWF memberinya kesempatan memperbaiki peringkatnya dengan mengambil bagian World Junior Championship 2020 di Tashkent bulan Mei lalu. Kejuaraan ini merupakan kualifikasi terakhir bagi cabang angkat besi.

Baca juga: Eko Yuli belum kepikiran pensiun usai perak Olimpiade Tokyo
Baca juga: Windy Cantika sempat tertimpa barbel sepekan jelang Olimpiade
Baca juga: Lifter Deni finis kesembilan, Chen Lijun rebut emas kelas 67kg

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Rahmat Erwin Abdullah gantikan ayahnya raih medali emas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar