Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin mencatat sudah ada sebanyak 18 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang mampu berkontribusi untuk perekonomian desa.

"Berdasarkan hasil review, sebanyak 25 Bumdes di Kabupaten Bogor yang sudah memperoleh keuntungan, 18 Bumdes sudah berkontribusi pada perekonomian desa," ungkapnya di Cibinong, Bogor, Selasa (27/7).

Menurutnya, 416 desa di Kabupaten Bogor kini memiliki Bumdes dengan berbagai kategori, yakni enam Bumdes mandiri, 16 Bumdes maju, 63 Bumdes berkembang, dan 331 Bumdes dasar.

Ade Yasin menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih memiliki sejumlah tantangan dalam pembangunan Bumdes agar memperoleh keuntungan. Beberapa tantangan tersebut seperti kapasitas SDM pengelola.

Kemudian terkendala penentuan jenis usaha yang tanpa melalui uji kelayakan usaha, serta terbentur pergantian kepala desa sehingga terkadang susunan keanggotaan Bumdes itu juga berganti dan kembali lagi dari awal.

Di samping itu, Ade Yasin mengaku bangga atas beberapa capaian pembangunan desa pada tahun ini, seperti menjadi nihilnya desa berstatus tertinggal, pasalnya tahun lalu masih ada empat desa tertinggal.

Kemajuan lainnya dari desa-desa di Kabupaten Bogor pada tahun yaitu jumlah desa mandiri dari sebelumnya berjumlah 29 desa menjadi 48 desa. Kemudian, desa maju dari sebelumnya berjumlah 131 desa menjadi 188 desa. Jumlah desa berkembang yang sebelumnya tercatat ada 252 desa, kini tersisa sebanyak 180 desa.

Baca juga: Wamen Desa PDTT ajak BUMDes mendaftar jadi badan hukum

Baca juga: Kominfo dorong BUMDes dan koperasi masuk platform digital

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021