Paris (ANTARA News) - Real Madrid secara meyakinkan membungkam tim tamu AC Milan 2-0 dalam partai "big match" penyisihan Grup G kompetisi sepakbola Liga Champions di Madrid, Rabu dinihari WIB.

Sementara pada pertandingan lainnya, dua wakil Inggris, Chelsea dan Arsenal, juga mencatat kemenangan meyakinkan atas lawan-lawan mereka, sebagaimana dikutip dari AFP.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabue, Real Madrid yang dipimpin pelatih Jose Mourinho sejak babak pertama langsung tampil menekan.

Cristiano Ronaldo memecah kebuntuan pada menit ke-13 dengan mencetak gol melalui tendangan bebas yang berhasil menembus para pertahanan pemain belakang Milan.

Hanya berselang satu menit kemudian, Ronaldo kembali menggebrak ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan matang kepada Mesut Ozil yang tendangannya kemudian membentur pemain lawan, tapi bola justru membelok ke arah gawang tanpa bisa dicegah kiper Marco Amelia.

Andrea Pirlo hampir saja mencetak gol balasan untukk Milan, tapi tendangan kerasnya secara gemilang berhasil ditepis Iker Casillas.

"Ini benar-benar penampilan yang fantastis dan saya bisa mengucapkan selamat kepada para pemain saya dan berharap pendukung Real gembira dengan apa yang mereka saksikan," kata pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

Pada pertandingan lainnya, Chelsea semakin mantap di puncak klasemen Grup F setelah menghentikan laju kemenangan Spartak Moscow dengan kemenangan 2-0 pada pertandingan yang berlangsung dalam cuaca dingin dan membekukan di ibu kota Rusia itu.

Yuri Zhirkov, pemain nasional Rusia dan mantan bintang CSKA Moscow, saingan Spartak, mencetak gol pertama Chelsea pada babak pertama melalui sebuah tendangan voli dari luar kotak penalti.

Dua menit menjelang pertandingan babak pertama berakhir, Nicolas Anelka memperbesar keunggulan Chelsea menjadi 2-0 untuk memastikan kemenangan pertama The Blues di Stadion Luzhniki.

Pada penampilan terakhir di stadion tersebut, Chelsea secara menyakitkan menyerah melalui adu penalti pada final Liga Champions musim kompetisi 2007-2008.

"Kami harus tetap fokus menghadapi pertandingan berikut," kata pelatih Chelsea Carlo Ancelotti mengingatkan.

"Kami ingin lolos sebagai juara grup. Ini adalah target kami dan kami berpeluang untuk itu, tapi kami tidak perlu mengistirahatkan pemain. Semua pertandingan Liga Champions sangat penting," katanya.

Pada pertandingan lain, Marseille mencatat kemenangan pertama di penyisihan grup melalui sundulan Souleymane Diawara pada babak kedua mengantar kemenangan Marseille dengan skor 1-0 atas tim tamu MSK Zilina asal Slovakia.

Kemenangan besar diraih Arsenal di Stadion Emirates ketika mengalahkan Shaktar Donetsk dengan skor telak 5-1.

Gol pertama Arsenal dicetak Alex Song pada menit ke-19, disusul pemain nasional Perancis Samir Nasri yang juga mencetak gol keenamnya dalam enam pertandingan terakhir, untuk memperbesar keunggulan Arsenal menjadi 2-0.

Cesc Fabregas yang baru pulih dari cedera, mencetak gol ketiga pada menit ke-60 melalui titik penalti. Jack Wilshere dan Marouane Chamakh pun kemudian melengkapi pesta gol Arsenal.

Satu-satunya gol balasan Shakhtar dicetak oleh Eduardo pada menit ke-82, mantan pemain Arsenal.

"Kami adalah tim dengan pemain berpotensi besar dan kami telah memperlihatkannya malam ini. Kami akan menghadapi pertandingan demi pertandingan," komentar pelatih Arsenal Arsene Wenger.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions pada Selasa (Rabu WIB):

Grup E

Di Roma

Roma (Italia) 1 (Borriello 21) Basel (Swiss) 3 (Frei 12, Inkoom 44, Cabral 90+3)

Di Munich, Jerman

Bayern Munich (Jerman) 3 (Cadu 32-gol bunuhdiri, Panin 37-gol bunuhdiri, Gomez 77) CFR Cluj (Romania) 2 (Cadu 28, Culio 86)



Grup F

Di Moscow

Spartak Moscow (Rusia) 0 Chelsea (Inggris) 2 (Zhirkov 24, Anelka 43)

Di Marseille, Prancis

Marseille (Prancis) 1 (Diawara 48) MSK Zilina (Slovakia) 0



Grup G

Di Amsterdam, Belanda

Ajax (Belanda) 2 (de Zeeuw 7, Suarez 41) Auxerre (Prancis) 1 (Birsa 56)

Di Madrid

Real Madrid (Spanyol) 2 (Ronaldo 13, Oezil 14) AC Milan (Italia) 0


Grup H

Di Braga, Portugal

Sporting Braga (Portugal) 2 (Lima 35, Matheus 90) Partizan Belgrade (Serbia) 0

Di London

Arsenal (Inggris) 5 (Song 19, Nasri 42, Fabregas 60-pen, Wilshere 66, Chamakh 69) Shakhtar Donetsk (Ukraina) 1 (Eduardo 82)
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010