Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat, kebakaran, dan gelombang tinggi pada Rabu.

Di Provinsi Aceh, BMKG meminta warga untuk mewaspadai hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, di Kalimantan Utara waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang antara sore dan malam hari.

Papua berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Bonggo, Tolikara, dan Mimika pada malam hingga dini hari.

Sumatera Barat pun berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir pada siang hingga sore hari, di Kalimantan Barat waspadai peningkatan suhu udara dan penurunan kelembaban udara, yang memicu potensi mudahnya kebakaran

Demikian juga pada Kalimantan Selatan untuk waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Tabalong, dan sekitarnya.

Selain itu, masyarakat Nusa Tenggara Timur diminta mewaspadai potensi kebakaran lahan, sedangkan Nusa Tenggara Barat diharapkan warga mewaspadai tinggi gelombang mencapai dua meter atau lebih di Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan.

Baca juga: BMKG Banjarnegara intensifkan sosialisasi aplikasi ews "SIRITA"
Baca juga: BNPB peringatkan sejumlah daerah berpotensi banjir
Baca juga: Peneliti: Sistem peringatan dini disesuaikan karakter gempa di wilayah

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021