Olimpiade

Mengenal Meryem Boz atlet voli berjuluk Blue Lightning dari Turki

Mengenal Meryem Boz  atlet voli berjuluk Blue Lightning dari Turki

Atlet bola voli Turki Meryem Boz saat melawan Italia dalam bola voli putri Olimpiade Tokyo 2020 di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). ANTARA/REUTERS/Valentyn Ogirenko/am.

Jakarta (ANTARA) - Selain karena performa apik, pevoli putri Turki Meryem Boz menjadi sorotan berkat gaya rambut yang mencolok dan membuatnya dikenal sebagai Blue Lightning dalam Olimpiade Tokyo.

Boz memang hadir dengan gaya rambut nyentrik dengan warna biru menyala. Selain piawai melakukan smash keras, paras menawan dan tubuh proporsionalnya juga menjadikan perempuan 33 tahun itu idola baru dalam voli dunia.

Posisi Boz sebagai spiker diandalkan dalam setiap laga yang dilakoni Turki dalam berbagai ajang, termasuk Olimpiade Tokyo. Pada kualifikasi Eropa, Boz dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MPV).

Jauh sebelum itu, Boz mengawali karier sebagai atlet voli profesional pada 2001. Dia pernah bermain bersama tim voli Turki seperti Fenerbahe, Galatasaray, dan Bursaspor. Terakhir, membela tim Vakifbank SK.

Perempuan yang lahir pada 3 Februari 1988 itu adalah langganan masuk timnas voli putri baik sejak level junior hingga senior. Dia juga beberapa kali sukses membawa tim Sultan Net berprestasi di kancah internasional.

Pada debutnya masuk timnas senior putri Turki, Boz berkontribusi dengan mengantarkan timnya meraih perunggu dalam Kejuaraan Eropa 2017. Dua tahun kemudian, dia juga turut andil membawa Turki menyabet perak dalam Kejuaraan Eropa 2019.

Pada ajang lainnya, perempuan berpostur 194 cm itu juga menjadi bagian saat Turki meraih perak dalam ajang Nations League 2018 dan perunggu dalam kejuaraan yang sama pada 2021.

Kini, ambisi Boz adalah meraih hasil terbaik dalam Olimpiade Tokyo. Dilansir Demiroren News Agency (DHA), Boz mengatakan minimal bisa membawa tim Turki lolos dari fase grup.

"Ini adalah turnamen yang telah kami tunggu-tunggu dan kami mempersiapkannya sejak lama. Kami akan menjalani pertandingan demi pertandingan, kami berada di grup yang sulit. Jika kami bisa keluar dari grup, kami akan berkonsentrasi untuk langkah selanjutnya," kata dia sebelum berlaga dalam  Olimpiade Tokyo.

Sejauh ini, tim voli putri Turki telah melakoni dua pertandingan di Pool B dengan meraih satu kali menang dan satu kali kalah. Pada pertandingan pertama, Minggu (25/7), Boz dan kawan-kawan mengalahkan China dengan skor 3-0 (25-21, 25-14, 25-14).

Namun pada laga kedua, Selasa (27/7), Turki harus mengakui kehebatan Italia usai kalah dengan skor 1-3 (22-25, 25-23, 20-25, 15-25). Pada fase grup, Turki masih menyisakan tiga laga.
Besok, Boz dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Amerika Serikat. Kemudian disusul Argentina dan tim Komite Olimpiade Rusia (ROC).

"Olimpiade berada di level tertinggi. Semua tim di sana telah bermain bersama selama bertahun-tahun dan datang ke sana. Semuanya memiliki bekal di kejuaraan Dunia dan Eropa. Tim berpengalaman. Oleh karena itu, pekerjaan kami tidak akan mudah," kata Boz.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar