Jakarta (ANTARA) - Perenang Korea Selatan Hwang Sun-woo mencetak rekor baru Asia pada nomor gaya bebas 100m dalam Olimpiade Tokyo, Rabu, sehingga menambah daftar pencapaian yang terus meningkat dalam kariernya yang sedang berkembang.

Atlet berusia 18 tahun itu finis ketiga pada semifinal dan keempat secara keseluruhan di antara 16 perenang, dengan waktu 47,56 detik di Tokyo Aquatics Centre, Rabu, seperti dilaporkan Yonhap.

Rekor Asia sebelumnya 47,65 detik dipegang oleh Ning Zetao dari China sejak Oktober 2014.

Hwang adalah orang Korea Selatan pertama yang mencapai final gaya bebas 100m dalam Olimpiade. Dia akan bertanding pada final esok Kamis.

Saat menuju semifinal, Selasa, Hwang mencatatkan waktu 47,97 detik. Dia menjadi satu-satunya perenang Asia dalam semifinal gaya bebas 100 m putra yang didominasi oleh perenang-perenang Amerika dan Eropa.

Baca juga: Katie Ledecky akhirnya sabet emas setelah juarai nomor baru 1.500m

Hwang sebelumnya memecahkan rekor nasionalnya sendiri dalam gaya bebas 200m, saat final, Selasa, di mana dia finis ketujuh secara keseluruhan.

Hwang memiliki waktu reaksi tercepat kedua dalam semifinal dengan 0,58 detik. Namun, ketika dia mencapai titik 50m dia berada pada posisi keenam di antara delapan perenang di Heat-nya dengan 23,17 detik.

Dia kemudian tampil kuat untuk mencapai tiga besar grup dan berada pada posisi keempat secara keseluruhan.

Dalam final 200m gaya bebas Selasa, Hwang menempuh 100m pertama dalam waktu 49,78 detik yang merupakan tercepat di lintasan. Hwang masih memimpin setelah 150m tetapi melambat dan terpaut jauh sehingga berada pada peringkat ketujuh.

Seakan tak kenal lelah, pada Selasa, Hwang juga mengikuti nomor 100 m, dan ambil bagian dalam estafet 2x400m putra sekitar 50 menit kemudian.

Perenang Asia terakhir yang memenangkan medali dalam gaya bebas 100m putra adalah Hiroki Suzuki dari Jepang yang meriah medali perak pada Olimpiade 1952.

Baca juga: Yui Ohashi sumbang Jepang dengan emas 200m gaya ganti putri

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021