Artikel

Katie Ledecky tetap ratu renang terhebat sepanjang masa

Oleh Jafar M Sidik

Katie Ledecky tetap ratu renang terhebat sepanjang masa

Perenang Amerika Serikat Katie Ledecky berdiri di podium bersama medali emas pertamanya dalam Olimpiade Tokyo 2020 setelah menjuarai nomor baru 1.500m gaya bebas putri di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). ANTARA/REUTERS/USA TODAY Sports/Grace Hollars/am.

Jakarta (ANTARA) - Ada segelintir atlet yang menjadi pusat perhatian dalam Olimpiade Tokyo 2020 karena aksi fenomenalnya di berbagai arena, bahkan ada yang dianggap atlet terbesar sepanjang masa atau GOAT (greatest of all time).

Mereka ini termasuk pesenam Amerika Serikat Simone Biles, petenis Serbia Novak Djokovic, dan spesialis renang gaya bebas jarak menengah putri dari Amerika Serikat Katie Ledecky.

Lalu, raja lari gawang putra Karsten Warhholm, perempuan tercepat di lintasan atletik saat ini Shelly-Ann Fraser-Pryce, kampiun lari jarak jauh Elliud Kipchoge, Ariarne Titmus Si Terminator yang menjadi pesaing terberat Katie Ledecky, Caeleb Dressel si penerus raja renang Michael Phelps, dan superstar sepak bola putri Amerika Serikat Megan Rapinoe.

Juga ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang digolongkan Time sebagai salah satu atlet yang harus diperhatikan selama Olimpiade Tokyo.

Selain itu ada nama-nama ikonik dalam enam cabang olah raga baru dimainkan seperti bocah perempuan nan ajaib Sky Brown dan si ikonik Nyjah Huston yang sama-sama fenomenal di dunia skateboard, selain ratu selancar Stephanie Gilmore dari Australia.

Masih banyak lagi atlet besar lainnya yang bakal menciptakan catatan-catatan fenomenal selama Olimpiade yang dimundurkan satu tahun oleh pandemi virus corona ini.

Tetapi untuk sementara mari kita alihkan perhatian ke kolam renang ketika Kathleen “Katie” Genevieve Ledecky mengukuhkan supremasinya dalam nomor gaya bebas putri.

Sebagian dari imperium renangnya memang sudah ambrol dijebol rival terkuatnya saat ini, perenang Australia, Ariarne Titmus Si Terminator, yang menaklukkan dia dalam 400m dan 200m gaya bebas.

Baca juga: Tumbangkan ratu renang, Titmus rebut emas 400m gaya bebas putri

Tetapi itu tak mengurangi sosok Ledecky yang tetap hebat dalam renang gaya bebas jarak menengah putri.

Perenang AS berdarah Ceko kelahiran 17 Maret 1997 itu sudah mengoleksi enam medali emas Olimpiade yang medali keenamnya baru dia rebut dari 1.500 meter Olimpiade Tokyo, Rabu pagi tadi.

Medali emas pertamanya dalam Olimpiade dia peroleh dari Olimpiade London 2012 saat berusia 15 tahun, sedangkan empat lainnya dia borong dari Olimpiade Rio 2016.

Baca juga: OLIMPIADE 2016 - Ledecky pecahkan rekor 800 meter untuk mengukir "treble"

Dia juga mengumpulkan 15 medali emas kejuaraan dunia renang dan menjadi perenang putri terbanyak memperoleh anugerah dengan memenangkan 35 medali yang terdiri dari 29 medali emas, 5 medali perak dan 1 medali perunggu dalam berbagai kompetisi renang internasional.

Selain itu dia juga pemegang rekor dunia 400, 800 dan 1.500 meter gaya bebas putri. Total dia sudah 15 kali memecahkan rekor renang.

Baca juga: Katie Ledecky ciptakan lagi rekor dunia

Selanjutnya menciptakan standard

Oleh Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar