Jakarta (ANTARA) - Petenis Rusia Daniil Medvedev berjuang melawan panasnya kota Tokyo, Rabu, sebelum mencapai perempat final Olimpiade, untuk tetap di jalur pertarungan kelas berat Olimpiade melawan Novak Djokovic.

Unggulan kedua Medvedev mengalahkan petenis Italia Fabio Fognini 6-2, 3-6, 6-2 untuk berada dalam delapan besar guna berharap menghadapi Pablo Carreno Busta dari Spanyol di Ariake Tennis Park.

Runner-up Grand Slam dua kali yang mendesak penyelenggara agar menunda waktu mulai pertandingan, tak tahan dengan cuaca panas Tokyo.

Dia ditanya oleh wasit apakah dia baik-baik saja selama set kedua.  "Saya bisa menyelesaikan pertandingan, tapi saya bisa mati. Jika saya mati, siapa yang akan bertanggung jawab?" jawab dia seperti dikutip AFP.

Baca juga: Kuartet Britania rebut emas estafet 4x200m gaya bebas

Setelah jeda 10 menit antara set kedua dan ketiga, Medvedev mematahkan servis Fognini dan memenangkan tiga gim pertama set penentuan.

Dia menyelamatkan tiga break point pada kedudukan 4-2 sebelum menang setelah melewati waktu dua jam dan 25 menit.

Petenis nomor satu dunia Djokovic melanjutkan upayanya meraih gelar Olimpiade melawan petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina Rabu malam, sementara petenis Jepang Kei Nishikori, peraih medali perunggu 2016, menghadapi Ilya Ivashka dari Belarusia.

Elina Svitolina dari Ukraina, petenis berperingkat tertinggi yang  tersisa dalam nomor putri, mencapai semifinal dengan kemenangan 6-4, 6-4 atas Camila Giorgi dari Italia.

Unggulan keempat Svitolina akan menghadapi petenis Spanyol Paula Badosa atau Marketa Vondrousova, penakluk andalan tuan rumah Naomi Osaka, untuk memperebutkan satu tempat pada final Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Annemiek van Vleuten rebut emas ITT Olimpiade Tokyo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021