Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan transformasi ekonomi merupakan salah satu langkah untuk menopang basis pertumbuhan ekonomi yang sehat.

“Pemulihan dan transformasi ekonomi perlu berjalan beriringan sebagai satu langkah sinergi dalam mengakselerasi kegiatan di sektor ril serta kembali mengarahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya,” kata Dody dalam pembukaan diskusi publik virtual BI–ISEI Kawasan Timur Indonesia (KTI), Rabu.

Dody Budi Waluyo, yang juga Ketua Bidang II untuk Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia), menyampaikan tiga hal yang perlu dicermati oleh para anggota ISEI dalam mendukung penguatan fondasi ekonomi melalui kebijakan reformasi struktural.

Pertama, dari sisi produktivitas yang memerlukan upaya peningkatan output. Pengukuran terhadap produktivitas dibandingkan output perlu senantiasa direvaluasi agar hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas pekerjaan.

Kedua, dari sisi sumber daya melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan tenaga kerja yang memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing. Selain juga sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri.

Ketiga, dari sisi kapital yakni kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan.

“Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama untuk konektivitas dan penyediaan energi” ujarnya.

Diskusi publik BI – ISEI KTI yang dilaksanakan pada 27 - 28 Juli 2021 merupakan rangkaian kegiatan menuju Kongres ISEI XXI Agustus 2021 di Makassar, setelah sebelumnya dilakukan diskusi publik di Sumatera dan Jawa.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan diskusi publik ISEI bertujuan untuk memberikan informasi pelaksanaan kongres ISEI, yang menjadi ajang refleksi peran organisasi ISEI pada kemajuan perekonomian di Indonesia serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai langkah yang dapat ditempuh untuk mendukung efektivitas implementasi reformasi struktural.

Baca juga: BI sebut ISEI berperan dukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional
Baca juga: Dukung pemulihan ekonomi di masa normal baru, ini usulan ISEI
Baca juga: BI : Pertumbuhan ekonomi syariah lebih baik dari nasional

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021