F-PPP tak akan gunakan fasilitas isoman DPR di hotel

F-PPP tak akan gunakan fasilitas isoman DPR di hotel

Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pri

Kalau teman-teman anggota DPR mau menggunakan fasilitas tersebut silakan, kalau tidak menggunakan juga silakan
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi mengatakan fraksi-nya memilih untuk tidak menggunakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di dua hotel bintang 3 di Jakarta yang disediakan Kesekjenan DPR RI bagi anggota DPR yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Fraksi PPP tidak akan mengambil fasilitas tersebut. Kami memahami fasilitas yang diberikan Setjen DPR, namun Fraksi PPP tidak menggunakan fasilitas tersebut," kata Achmad Baidowi atau Awiek kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan penyediaan fasilitas isoman dari Setjen DPR RI tersebut merupakan hal yang sah-sah saja, dan pihaknya mempersilakan kebijakan tersebut diambil.

Menurut dia fasilitas yang disediakan Setjen DPR tersebut sifatnya merupakan pilihan, bukan kewajiban yang harus ditaati semua anggota DPR RI.

"Kalau teman-teman anggota DPR mau menggunakan fasilitas tersebut silakan, kalau tidak menggunakan juga silakan," ucap-nya.

Baca juga: DPR sediakan dua hotel jadi tempat isoman anggota

Baca juga: Wakil Ketua DPR RI dan Wagub DKI cek hotel isolasi COVID-19 di Jakpus


Awiek menjelaskan dirinya dua kali isoman di Rumah Jabatan Anggota (RJA) DPR di Kalibata, Jakarta Selatan karena kebetulan kosong, disebabkan keluarnya sedang di kampung halaman.

Namun menurut dia, bagi anggota DPR yang di RJA ditempati keluarga dan kebetulan positif COVID-19 maka tentu membutuhkan tempat untuk isolasi.

"F-PPP telah memberikan arahan bagi anggota kami yang positif untuk melakukan isolasi sendiri (tidak menggunakan fasilitas yang disediakan Setjen DPR RI)," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan lembaganya menyediakan dua hotel bintang 3 di Jakarta sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 tanpa gejala.

Kedua hotel tersebut adalah Hotel Ibis di Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis di Jalan Senen Raya.

"Kami telah lakukan kerja sama dengan beberapa hotel untuk tempat isolasi mandiri anggota DPR yang positif COVID-19, dan termasuk staf, ASN Setjen DPR tanpa keluarga," kata Indra Iskandar di Jakarta, Selasa (27/7).

Dia menjelaskan, interaksi dan intensitas kegiatan anggota DPR di Daerah Pemilihan (Dapil) sangat tinggi sehingga sangat berpotensi terpapar COVID-19.

Menurut dia, dari beberapa kejadian yang terjadi, anggota DPR yang terpapar COVID-19 melakukan isoman di Rumah Jabatan Anggota (RJA), namun dikomplain tetangga karena khawatir terjadi penularan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bendera Indonesia dilarang berkibar, DPR berharap efektivitas satgas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar