Vaksinasi massal di Surabaya digelar pemkot-Koarmada II 29-30 Juli

Vaksinasi massal di Surabaya digelar pemkot-Koarmada II  29-30 Juli

FOTO ARSIP - Ribuan warga antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal hari kedua di Gelora 10 November (G10N) Tambak Sari, Kota Surabaya, Rabu (7/7/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Kami hanya menyediakan tempat saja dan nakes (tenaga kesehatan), sedangkan lainnya dilakukan oleh Koarmada II. Semoga ini menjadi awal untuk mencapai 'herd immunity' di Kota Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Komando Armada (Koarmada) II menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor, Kota Surabaya, Jawa Timur pada 29-30 Juli 2021.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Koarmada II yang sudah bersedia bekerja sama menggelar vaksin massal kepada warga Kota Surabaya.

"Kami hanya menyediakan tempat saja dan nakes (tenaga kesehatan), sedangkan lainnya dilakukan oleh Koarmada II. Semoga ini menjadi awal untuk mencapai 'herd immunity' di Kota Surabaya," katanya.

Vaksinasi tersebut menyasar warga dari Kecamatan Wonokromo sebanyak 17.500 orang, Kecamatan Sawahan 5.000 orang, dan Kecamatan Dukuh Pakis juga 5.000 orang.

Menurut dia kegiatan ini menunjukkan bahwa Kota Surabaya selalu bergotong-royong dan berkolaborasi, seperti yang dicontohkan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) bersama jajarannya.

Ia juga menegaskan bahwa ketika untuk kepentingan warga Surabaya, ketika menggelar vaksinasi massal, ia pun memastikan siap mensupport dan mendukungnya. "Apapun akan kami dukung untuk melakukan vaksinasi di Surabaya," ujarnya.

Sementara itu, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan TNI-AL melakukan vaksinasi sudah sesuai dengan aturan-aturan sebagaimana diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo yang diberikan kepada Panglima TNI dan Kapolri bahwa harus melakukan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal, sehingga diharapkan bisa melawan COVID-19 secara bersama-sama.

Oleh karena itu, kata dia, Panglima TNI meneruskan kepada staf angkatan dan khususnya kepada Kepala Staf Angkatan Laut yang kemudian memerintahkan kepada Pangkoarmada di bawahnya untuk melakukan vaksinasi, seperti yang dikenal di AL adalah serbuan vaksinasi maritim.

Karena itu, kata dia, Koarmada II dengan Lantamal di bawahnya seperti Lantamal V di Surabaya, Lantamal 6 di Makasar, Lantamal 7 di Kupang, Lantamal 8 di Manado, dan Lantamal 13 di Tarakan beserta pangkalan-pangkalan angkatan lautnya secara serentak melakukan vaksinasi sejak bulan Juni lalu hingga sekarang.

"Kami tidak henti-hentinya bahu-membahu melaksanakan vaksinasi memerangi COVID-19 ini," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dipilihnya tempat di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor karena itu lapangan itu merupakan kebanggaan arek-arek Suroboyo selain Gelora Tambaksari Surabaya.

Selain itu, pemkot juga ingin mengenalkan salah satu fasilitas olahraga, yaitu Lapangan Thor yang bisa dijadikan tempat untuk sepakbola dan olahraga atletik. 

Baca juga: Surabaya ajukan tambahan 1 juta dosis vaksin COVID-19 ke Kemenkes

Baca juga: Koarmada II siapkan 2.000 tempat tidur untuk pasien COVID-19

Baca juga: Staf Ahli Menkes minta kapasitas tracing di Surabaya ditingkatkan

Baca juga: KRI dr Soeharso pasok oksigen untuk pasien COVID-19



 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Saat pejabat Pemkot Surabaya berubah jadi pahlawan super

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar