Jakarta (ANTARA) - Tim tuan rumah Jepang membantai Prancis dengan skor 4-0 dalam pertandingan terakhir Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Yokohama International Stadium pada Rabu, demikian catatan laman resmi Olimpiade.

Kemenangan itu membuat Jepang melaju ke perempat final dan menghentikan perjalanan Prancis di Olimpiade.

Baca juga: Argentina gagal ke perempat final seusai imbang dengan Spanyol

Kedua tim bermain terbuka sejak awal pertandingan, tetapi Jepang bisa lebih dulu membuka skor pada menit ke-27.

Takefusa Kubo mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Getafe tersebut membobol gawang Prancis melalui tendangannya dari dalam kotak penalti sehingga Jepang unggul 1-0.

Berselang tujuh menit, Jepang menggandakan keunggulan mereka setelah tendangan Hiroki Sakai dari jarak dekat gagal dibendung kiper Prancis, Paul Bernardoni.

Prancis gagal memperkecil ketertinggalan dan skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Selandia Baru lolos ke perempat final usai main imbang lawan Rumania

Di babak kedua, Jepang tidak mengendurkan serangannya dan hasilnya mereka dapat mencetak gol ketiganya pada menit ke-70.

Koji Miyoshi sukses memaksimalkan umpan Reo Hatate menjadi gol melalui bola tembakan dari luar kotak penalti.

Upaya Prancis untuk mengejar ketertinggalan semakin berat setelah mereka harus bermain 10 pemain tiga menit setelah gol ketiga Jepang.

Randel Kolo Muani diusir wasit akibat pelanggaran berbahaya terhadap pemain Jepang.

Penderitaan Prancis makin lengkap setelah tim matahari terbit mencetak gol keempat di menit injury time. Daizen Maida membobol gawang Les Blues dengan memaksimalkan umpan Yuki Soma, sekaligus menutup laga dengan kemenangan empat gol tanpa balas.

Dengan hasil itu, Jepang lolos ke babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup A dengan sembilan poin dan akan bertemu dengan Selandia Baru selaku runner-up Grup B. Sedangkan Prancis tersingkir karena finis di posisi ketiga dengan tiga poin, di bawah Meksiko yang melaju sebagai runner-up (enam poin).

Susunan Pemain:

Prancis: Paul Bernardoni; Clement Michelin, Pierre Kalulu, Anthony Caci, Timothee Pembele; Alexi Beka Beka, Lucas Tousart, Teji Savanier; Florian Thauvin, Andre-Pierre Gignac, Randal Kolo Muani.

Jepang: Kosei Tani; Hiroki Sakai, Yuta Nakayama, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu; Wataru Endo, Ao Tanaka; Reo Hatate, Takefusa Kubo, Ritsu Doan, Ayase Ueda.

Baca juga: Korea Selatan kalahkan Honduras dan pastikan lolos ke perempat final
Baca juga: Juarai Grup D, Brazil ke perempatfinal usai menang 3-1 atas Arab Saudi

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021