Jakarta (ANTARA News) - Setelah sukses merebut hati penggemarnya di Jepang dan negara-negara Asia, lima gadis cantik pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) dalam wujud kartun yang tergabung dalam band K-On kembali akan hadir dalam serial musim keduanya di Animax.

Siaran pers Animax yang diterima ANTARA News, Kamis, menyebutkan, K-On!! (dengan dua tanda seru) merupakan kelanjutan kisah K-On! (satu tanda seru), tentang band terkenal di negeri matahari terbit.

Melanjutkan kisah di akhir musim pertama, K-On!! menceritakan petualangan para anggota K-On kembali ke sekolah, kali ini di kelas yang sama dengan wali kelas guru band mereka sendiri, yakni Yui Hirasawa (gitaris yang sebelumnya tak bisa membaca partitur).

Selain Hirasawa, band sekolah sebuah SMU di Jepang itu beranggotakan Ritsu Tainaka (dram), dikenal sebagai si tomboy yang merasa dirinya ketua band, Mio Akiyama, si cantik yang kalem dan pandai memainkan bas dengan tangan kiri, dan Tsumugi Kotobuki (kibor).

Tsumugi yang rendah diri adalah anak seorang pengusaha kaya. Ia rajin membawa cemilan kue lezat dan teh nikmat bagi teman-temannya.

Band K-ON juga didukung Azusa Nakano, pemain ritem gitar yang masih duduk di kelas 2. Ia anak seorang musisi jazz kenamaan di Jepang.

Ritsu, Mio dan Tsumugi bertekad merekrut anggota-anggota baru agar band K-On tetap berdiri bahkan jauh lebih baik setelah mereka bertiga lulus dan harus meninggalkan sekolah.

Ditayangkan setiap Rabu pukul 21.30 WIB, mulai pekan ini, K-On!! juga menyuguhkan kekocakan, kekonyolan dan manisnya kehidupan sehari-hari kelima anggota band sekolah itu, bagaimana serunya mereka berlatih musik dan tampil di atas panggung, serta aktivitas minum teh bersama yang mereka lakukan secara rutin.

Sejak 2009 hingga sekarang, K-On merupakan serial TV anime yang sangat populer di Jepang.

Bermula dari komik strip manga yang ditulis dan digambar oleh Kakifly, kedua musim serial anime K-On diproduksi bersama oleh TBS dan studio anime ternama Kyoto Animation yang terkenal dengan kualitas animasinya.

Selain K-0n, karya terkenal Kyoto Animation lainnya termasuk franchise anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya dan Lucky Star.

Titel franchise K-On! mendapat pengakuan dari kritikus dengan memenangkan kategori `Best TV Animation Award? yang prestisius di Tokyo International Anime Fair 2010 bulan Maret lalu. Serial ini juga meraih rating tertinggi.

Pada saat berbagai judul anime terpopuler lain ditayangkan di tujuh hingga delapan stasiun TV seluruh Jepang, K-On!! telah dipesan oleh 22 stasiun saat masih dalam proses produksi.

Selain itu, DVD Blu-Ray K-On! musim pertama telah terjual sebanyak 348.000 keping per 21 September 2010, dan menjadi serial anime televise teratas dalam penjualan DVD Blu-ray DVD.

Lebih dari itu, popularitas personil K-ON telah mendongkrak penjualan sejumlah alat yang dipakai di dalam serial anime tersebut.

Gitar bass elektrik merek Fender seharga US$2,000 yang dipakai Mio, misalnya, terjual delapan kali lipat dari penjualan normal instrumen petik tersebut.

Demam K-On juga meludeskan penjualan headphone berkelas merek AKG produksi Austria model K701 yang dibandrol seharga US$760, sehingga terkenal dengan sebutan `Mio-phone?

Menurut Animax, tidak ada serial yang bisa menghentikan demam K-On!!. Bahkan demi suksesnya sensus penduduk nasional di Jepang yang dimulai awal Oktober 2010, kelima gadis imut dari serial tersebut aktif memromosikannya dengan gencar, dimana karakter mereka tampil sebagai gadis sekolah di Kyoto, Ibu kota provinsi Kansai di pulau Honshu, untuk mendorong minat dan partisipasi masyarakat Jepang dalam survey nasional itu.
(T.J007/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010