Jakarta (ANTARA) - Gabungan para musisi Tanah Air menyiapkan hiburan berupa “Safe Room Concert” sebuah konser virtual yang bisa disaksikan dari rumah saha dan membantu masyarakat untuk bisa terlibat penanganan pandemi COVID-19 dengan berdonasi.

Mengutip keterangan persnya, Kamis, “Safe Room Concert” memiliki makna harafiah konser ruang aman dalam Bahasa Indonesia, acara ini menganalogikan rumah atau tempat aman lainnya yang berkaitan dengan keamanan dan kesehatan masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Dengan tajuk itu,pertunjukan musik diproduksi dari ruang teraman bagi semua pihak yang terlibat dan diperuntukkan bagi penonton di ruang amannya masing- masing.

Acara ini adalah bentuk kontribusi para inisiator, berupa dukungan untuk menghibur sejenak semua lapisan masyarakat, sekaligus menginisiasi penggalangan donasi yang ditujukan bagi pengadaan fasilitas kesehatan, dan dukungan bagi tenaga kesehatan serta warga terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Cara Maliq & D'Essentials berkarya dan manggung di tengah pandemi

Pertunjukan musik virtual itu akan menampilkan 40 musisi untuk menghibur para pendengarnya, sekaligus menggalang donasi yang 100 persen akan disalurkan kepada lapisan masyarakat yang membutuhkan.

“Safe Room Concert” diadakan dalam bentuk daring, serta ditayangkan secara live stream melalui kanal YouTube KitaBisaIndonesia, pada Sabtu, 31 Juli 2021, 19.00 WIB mendatang.

Acara ini diperkirakan akan berlangsung selama 2 jam, semua penonton bisa memberikan kontribusi berupa donasi dengan melakukan transfer melalui pindai kode matriks (QR codes) yang tercantum di layar sepanjang acara berlangsung. Untuk memberikan keterbukaan kepada para pihak yang telah berdonasi, informasi terkait jumlah donasi yang terhimpun akan ditayangkan secara berkala saat acara berlangsung.

“Safe Room Concert“ adalah pertunjukan musik virtual hasil kolaborasi lintas profesi, tidak hanya para pegiat industri musik saja yang memberikan kontribusinya.

KitaBisa menjadi mitra utama yang akan bertugas menghimpun donasi yang terkumpul sepanjang acara berlangsung, dan juga menjadi pihak yang akan menyalurkan bentuk bantuan kepada semua target donasi.

Lintas profesi lainnya yang juga memberikan kontribusi melalui acara ini adalah 4 pembawa acara muda yang dikenal dengan program Podcast mereka, RAPOT, terdiri dari Natasha Abigail, Reza Chandika, Radhini Aprilya dan Ankatama yang akan memandu acara ini dan menjahit dari satu penampilan ke penampilan selanjutnya.

Thinking*Room sebuah studio desain grafis asal Jakarta ini, juga memberikan bentuk dukungannya dalam penciptaan aset visual yang berkaitan dengan promosi acara dan kebutuhan visual saat acara berlangsung.

"Safe Room Concert" akan diisi oleh beragam musisi, diantaranya Kunto Aji, Nadin Amizah, Rendy Pandugo, Afgan, Isyana Sarasvati, Lomba Sihir, Hindia, Rayhan Noor, Agatha Pricilla, Aldrian Risjad, Iga Massardi, Bisma Karisma, Juang Manyala, Vira Talisa, Goodnight Electric, Sir Dandy, Putra Timur, Mocca, Bilal Indrajaya, .Feast, Morad, Efek Rumah Kaca, Juicy Luicy, Teddy Adhitya, Petra Sihombing, Kevin Hugo, SIVIA, gamaliél, GANGGA, Arash Buana, Dere, Mikha Angelo, Rayi Putra feat Laze, Adikara Fardy, Ariel Nayaka, Sade Susanto, Coldiac dan masih banyak lagi.

Sebagai inisiator acara, Sun Eater, tap projects dan Wonderland Records bersama musisi Indonesia mengajak teman-teman untuk bergerak nyata dengan berdonasi membantu menyediakan fasilitas kesehatan dan bantu warga terdampak.

Baca juga: DKJ harap konser fisik dan daring bisa beriringan di pemulihan pandemi

Baca juga: Konser daring hingga hibrida, cara pelaku seni bertahan dalam pandemi

Baca juga: 1 Januari, SM Entertainment buat konser daring gratis


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021